Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

TAHUKAH ANDA : INILAH ATURAN NEW NORMAL UNTUK PARA PENGEMUDI OJEK ONLINE

Memasuki era new normal, banyak aktivitas masyarakat yang kembali berlangsung. Mulai dari kantor, kafe, hingga ojek online. Sebelum diberlakukannya peraturan new normal, penyedia transportasi online menerima dampak yang cukup besar akibat kantor dan kafe yang tidak beroperasi.

Dikarenakan hampir tidak adanya orang yang keluar rumah, penumpang pun jadi sepi. Selain itu, jarak yang harus dibatasi juga menjadi salah satu alasan mengapa penggunaan ojek online menurun drastis selama PSBB.

 Akan tetapi, di sisi lain, permintaan untuk pengantaran barang dan makanan mengalami kenaikan seperti yang dikatakan Andre Sulistyo, co-CEO Gojek yang dilansir dari Detik.

Saat memasuki new normal, para pengemudi ojek online yang tadinya hanya diperbolehkan mengambil pesanan berupa pengantaran makanan dan barang sekarang sudah bisa mengantar penumpang.

Namun, masih dengan peraturan yang belum longgar. Tata caranya harus mengikuti aturan new normal. Lokasi pengantaran dan penjemputan masih dibatasi. Sejauh ini pengemudi ojek online, khususnya Gojek, hanya bisa mengantar penumpang jarak dekat saja.

Baca Juga  6 Cafe Di Jogja Yang Buka 24 Jam Yang Cocok Untuk Rehat Sejenak

Menurut Chief of Corporate Affairs Gojek Nila Marit yang dilansir dari Kompas, pembatasan saat new normal ini hanya berlaku di zona merah saja. Jika ada penumpang yang memesan ojek online di zona merah, batas maksimalnya adalah lima kilometer.

Jika ada penumpang yang hendak pergi ke zona merah atau lebih dari lima kilometer di zona merah, aplikasi akan secara otomatis mengubah fitur dari ride (menggunakan motor) menjadi car (menggunakan mobil).

Memasuki transisi dari PSBB ke new normal, berbagai upaya dilakukan oleh penyedia layanan transportasi online untuk mencegah penluaran virus corona. Pencegahan ini tentunya harus dimulai dulu dari pribadi masing-masing, baik pengguna maupun pengemudi.

Pastikan bahwa kamu selalu menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan sebelum dan sesudah menaiki ojek online. Jangan lupa untuk menggunakan masker setiap kamu akan menaiki ojek online. Bawa juga helm sendiri supaya kebersihannya lebih terjaga.

Pihak pengemudi akan menyediakan penyanitasi tangan yang harus digunakan penumpang sebelum naik kendaraan. Selain itu, hair cap juga disediakan untuk menjaga kontak antara helm dan kepala.

Baca Juga  6 Makanan Anti-Penuaan Terbaik untuk Wanita

Untuk memaksimalkan pembatasan jarak saat new normal, di motor pengemudi ojek online juga sudah disediakan partisi seperti tameng yang membatasi pengemudi dan penumpang. Partisi yang digunakan juga harus melalui standarisasi untuk mendapatkan sertifikat SNI dan ISO.

Sebelum mulai mengemudi, pengemudi ojek online juga harus melakukan deklarasi kesehatan melalaui aplikasi setiap hari sebelum mendapatkan pesanan. Penalti pembatalan pun akan dibebaskan jika ada pengemudi atau penumpang yang memesan ojek online namun tidak mengenakan masker.

WhatsApp chat