Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

WAJIB TAHU : INILAH PENYAKIT YANG SERING MENGHINGGAPI PARA MUSISI

Tahukah kamu bahwa musisi juga rentan terhadap cedera? Biasanya, bagian tubuh yang paling sering terkena adalah lengan. Hal ini dikarenakan alat musik paling sering dimainkan menggunakan lengan.

Hal ini disebabkan karena latihan selama berjam-jam, penampilan panggung dengan lagu yang banyak, dan gerakan repetitif lainnya adalah beberapa penyebabnya. Soalnya, persendian, otot, ligamen, dan urat daging digunakan secara berlebihan.

Yuk ketahui sama-sama cedera apa saja sih yang biasanya dialami para musisi.

Sindrom terowongan karpal
Di bagian pergelangan tangan manusia terdapat terowongan sempit yang dikelilingi oleh tulang dan ligamen. Terowongan tersebut disebut juga terowongan karpal. Musisi yang mengalami sindrom terowongan karpal akan merasakan kesemutan dan kaku di bagian tangan, terutama jempol dan jari telunjuk.

Sensasi ini bisa merambat sampai ke bagian bawah siku. Meskipun tidak ada penyebab khusus seorang musisi mengalami sindrom ini, bisa dipastikan bahwa adanya terlalu banyak tekanan pada saraf median. Gitaris mengalami cedera ini karena membebani pergelangan tangan terlalu sering.

Baca Juga  Fakta Menarik Tentang Anggrek, Ada yang Anda Tahu

Sindrom outlet toraks
Musisi seperti pemain gitar, bas, dan instrumen lain yang menggunakan strap pasti pernah merasakan kram di bagian bahu atau leher. Hal ini bisa saja disebabkan oleh sindrom outlet toraks. Cedera ini tejadi ketika pembuluh darah di antara tulang selangka dan bagian pertama tulang rusuk (outlet toraks) tertekan.

Tekanan ini mengakibatkan rasa sakit di bahu dan leher dan rasa kaku di jari-jari tangan. Gejala dari sindrom ini beragam tergantung bagian mana yang paling sering tertekan. Sindrom ini bisa diakibatkan oleh, di antaranya, postur tubuh yang kurang bagus, aktivitas yang berulang, tekanan pada sendi, hingga trauma.

Tendonitis
Tendonitis adalah nama umum untuk pembengkakan pada bagian tendon yang menyebabkan rasa sakit. Cedera pada urat yang menghubungkan otot dan tulang ini pada umumnya terjadi di bagian bahu, siku, pergelangan tangan, dan tumit.

Salah satu pemain drum profesional Alexandre Cunha harus berhenti bermain drum selama satu tahun saat ia terkena tendonitis. Cedera yang tidak bisa dianggap enteng ini juga memiliki nama lain seperti tennis elbow, golfer’s elbow, pitcher’s shoulder, swimmer’s shoulder, dan jumper’s knee, tergantung bagian yang menyerangnya.

Baca Juga  5 Peregangan Tangan yang Perlu Dilakukan Pekerja Kantoran, yang Setiap Hari Duduk di Depan Laptop

Tenosynovitis de Quervain
Cedera yang satu ini adalah kondisi yang menyerang tendon pergelangan tangan bagian jempol. Jika kamu mengalami tenosynovitis de quervain, pergelangan tanganmu akan terasa sakit bahkan saat ingin mengepal sekalipun.

Musisi yang melakukan gerakan repetitif di pergelangan tangan mereka rentan terkena cedera yang satu ini. Selain rasa sakit, gejala dari cedera ini adalah pembengkakan dekat area jempol, dan kesulitan menggerakkan jempol dan pergelangan tangan.

WhatsApp chat