Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Usai Karantina, 6 Hal Ini Belum Boleh Langsung Kamu Lakukan

Inilah Langkah-Langkah Yang Harus Diambil Ketika Melakukan Isolasi Mandiri

Semua orang tentu menginginkan pandemi virus corona atau COVID-19 ini segera berakhir. Begitu pun dengan karantina yang sedang kita semua jalani. Kamu mungkin sudah merencanakan untuk bertemu dengan teman, pergi ke mal, atau bahkan ke salon. 

Tapi ingat, mengambil tindakan pencegahan diperlukan karena hidup tidak akan tiba-tiba kembali normal begitu karantina berakhir. Kamu masih perlu berhati-hati dan menjaga kesehatan kamu, karena risiko tertular infeksi COVID-19 masih tetap ada. 

Berikut beberapa hal yang tidak boleh buru-buru dilakukan setelah karantina berakhir, seperti dilansir dari Times of India

Liburan
Perpindahan orang dari satu negara ke negara lain inilah yang menyebabkan penyebaran penyakit ke seluruh dunia. Sekalipun masa karantina sudah berakhir, cobalah untuk tidak merencanakan liburan dulu selama beberapa bulan. Lebih baik tinggal di rumah dan aman, daripada berlibur dan membahayakan kesehatan. 

Janga Berhenti cuci tangan
Satu kebiasaan baik yang ditanamkan oleh COVID-19 pada manusia adalah mencuci tangan. Mempraktikkan kebersihan tangan tidak hanya mencegah virus corona tetapi juga penyakit lainnya. Sekalipun penyebaran virus corona telah berakhir, jangan menghentikan kebiasaan baik mencuci tangan secara teratur karena ini akan membuat kamu tetap sehat. 

Baca Juga  TAHUKAH ANDA : 3 MANFAAT DAUN KELOR BAGI TUBUH ANDA

Pergi ke klub, bar atau kafe
Mengunjungi tempat-tempat ramai seperti kafe dan klub mengundang infeksi penyakit. Beberapa kasus pasien COVID-19 asimptomatik positif telah meningkatkan risiko penyebaran penyakit. Jadi, lebih baik tetap berdiam diri dulu dan menghindari bertemu dengan teman setidaknya beberapa waktu lagi. 

Membuang masker
Pilihan terbaik adalah tetap menggunakan masker di tempat umum. Tidak ada salahnya menggunakan masker buatan sendiri saat pergi ke tempat yang ramai. Lanjutkan menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak sosial setidaknya untuk sementara waktu untuk mencegah diri kamu dari sakit. 

Tetap terapkan etika batuk dan bersin di tempat umum
Percikan batuk dan bersin inilah yang menyebabkan lonjakan jumlah kasus COVID-19 di seluruh dunia. Karena itu, disarankan untuk menjaga kebersihan pernapasan saat berada di tempat umum. Tutup mulut kamu dengan tisu atau siku saat batuk dan bersin. 

Jangan adakan pesta besar di rumah
Dengan sejumlah besar kasus COVID-19 asimptomatik yang muncul, kamu mungkin tidak pernah tahu siapa yang terinfeksi dan siapa yang tidak. Bahkan jika masa karantina ini sudah berakhir, lebih baik untuk terus berlatih menjaga jarak sosial. Hindari mengadakan pesta besar, mengadakan acara keluarga atau makan malam bersama. Lindungi diri kamu dan keluarga dengan menghindari pertemuan sosial sebanyak mungkin. 

Baca Juga  Enam Fitur Mobil Yang Akan Punah Di Masa Depan
WhatsApp chat