Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Makanan yang Bikin Kulit Glowing dan Awet Muda

Proses penuaan bisa ditunda dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti mengurangi konsumsi alkohol dan merokok, rutin memakai skincare dan sunscreen untuk melindungi kulit, hingga mengonsumsi makanan sehat kaya nutrisi.

Namun, makanan seperti apa yang dapat menunda penuaan dini dan membuat kulit glowing?

Sebenarnya makanan yang dapat membuat kulit glowing ini termasuk ke dalam makanan yang biasa dimakan di diet Mediterania, yang biasanya kaya akan antiokisidan dan nutrisi untuk melindungi kulit dan sel tubuh dari kerusakan.

Selain itu, makanan dengan kadar air yang tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan, juga dapat membantu menghidrasi kulit, sementara makanan kaya probiotik dapat memabntu menyehatkan usus, yang penting untuk mempertahankan kesehatan kulit.

Paprika

Bukan hanya lezat, sayuran satu ini juga merupakan salah satu makanan sumber vitamin C terbaik, dengan 95mg vitamin C per 65gram beratnya.

Vitamin C memiliki peran penting dalam melindungi kesehatan kulit. Lebih tepatnya, vitamin C dapat mencegah dan memulihkan kulit dari kerusakan akibat sinar UV serta memulihkan luka pada kulit.

Baca Juga  Mata Bengkak? Buruk Diliat dan Bikin Tidak Nyaman. Ini Solusinya Menghilangkannya

Selain itu, vitamin C dalam paprika juga dapat membantu melawan radikal bebas, yang membantu membuat kulit glowing dan mencegah penuaan dini.

Semangka

Semua sel tubuh memerlukan air untuk berfungsi dengan baik dan opimal. Karena itulah, makanan yang tinggi akan kandungan air penting untuk memenuhi kebutuhan hidrasi harian.

Misalnya saja, 250gram semangka potong yang setara dengan satu cangkir penuh air dan dapat membuat kulit tetap terhidrasi serta sehat.

Namun, sebenarnya itu bukan satu-satunya manfaat dari buah lezat ini lho. Semangka sebenarnya mengandung beta karoten dan vitamin C yang membuatnya dapat melawan peradangan serta radikal bebas.

Stroberi

Bukan hanya lezat dan menyegarkan, stroberi juga kaya akan serat, antioksidan, dan vitamin C yang membantu menyehatkan kulit.

Selain itu, stroberi juga kaya akan berbagai senyawa fenolik, termasuk asam ellagic dan flavonoid yang memiliki sifat anti-inflamasi yang menyehatkan dan membantu memperbaiki kerusakan sel-sel kulit.

Stroberi pun termasuk ke dalam buah yang serbaguna, dan bisa dinikmati dengan berbagai cara, mulai dari dijadikan smoothie, hingga menambahkannya ke parfait yoghurt.

Baca Juga  5 Tips Membersihkan Kacamata

Kiwi

Salah satu peran penting vitamin C adalah memproduksi kolagen, protein yang dapat membuat kulit mempertahankan keelastisannya.

Sayangnya, produksi kolagen akan menurun seiring bertambahnya usia, membuat munculnya kerutan-kerutan pada kulit. Untungnya, buah kiwi bisa membantu.

Menurut dokter kulit Lauren Ploch, MD, MEd, FAAD, buah kiwi mengandung 141 persen asupan harian vitamin C yang direkomendasikan, sehingga mampu mencegah penurunan produksi kolagen.

Bahkan, jenis kiwi lainnya, seperti golden kiwi, memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi, membuatnya bisa jadi sumber mikronutrien yang luar biasa.

Ingat, tubuh kita tidak mampu membuat vitamin C sendiri, sehingga penting bagi kita mendapatkannya dari makanan guna melindungi tubuh dari patogen berbahaya.

Apalagi, buah seperti kiwi juga mengandung lebih dari 90 persen air, yang dapat membantu menghidrasi tubuh. Jadi, jangan ragu untuk memasukkan kiwi ke dalam rutinitas makan kita sehari-hari, ya.

WhatsApp chat