Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Jerawat Susah Sembuh Bisa Jadi Tanda Pradiabetes

Jerawat merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Dengan beberapa perawatan sederahana dan obat yang dijual bebas, umumnya jerawat dapat hilang dengan sendirinya. Namun, bagaimana dengan jerawat bandel yang sulit hilang?

Ada beberapa penyebab jerawat di wajah sulit hilang, yang pertama adalah karena perawatan kulit yang salah, dan yang kedua jerawat tersebut merupakan tanda dari masalah kesehatan yang lebih serius, salah satunya adalah pradiabetes.

Pradiabetes terjadi ketika kadar gula darah sudah melebihi batas normal, yaitu 100 hingga 125 mg/dL, tetapi belum cukup tinggi untuk dikategorikan sebagai diabetes.

Jerawat banyak dikaitkan dengan kadar gula, hal ini karena peningkatan insulin dapat memicu bertambahnya produksi minyak di kulit. Kulit yang lebih berminyak akan lebih rentan mengalami jerawat.

Sebuah penelitian dari JAMA Dermatology di India menemukan bahwa jerawat pada orang dewasa bisa menjadi tanda awal intoleransi insulin atau kondisi pradiabetes. Para ahli kesehatan mengingatkan, pradiabetes merupakan gerbang awal dari diabetes alias kencing manis.

Baca Juga  Apa Sih Keistimewaan Air Zamzam? Berikut ini Manfaatnya

Sebuah penelitian lain dari National Library of Medicine yang dilakukan pada 243 orang dengan jerawat jenis vulgaris, juga menemukan bahwa resistensi insulin memiliki peran dalam pertumbuhan jerawat.

Jerawat jenis vulgaris terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh sel kulit mati, bakteri, dan minyak alami wajah (sebum). Selain itu, jerawat jenis ini juga banyak ditemui pada remaja ketika pubertas.

WhatsApp chat