Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Asal Usul Kelok 9, Jembatan Indah di Sumatera Barat

 Kelok 9 atau Kelok Sembilan adalah sebuah ruas jalan berkelok-kelok yang terletak sekitar 30 km di sebelah timur Kota Payakumbuh, Sumatera Barat menuju Provinsi Riau. Menjadi salah satu jembatan yang sering dijadikan simbol keindahan di suatu daerah.

Jalan ini membentang sepanjang 300 meter di Jorong Ulu Air, Nagari Harau/Nagari Persiapan Ulu Air, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Dan merupakan bagian dari ruas jalan penghubung Lintas Tengah Sumatera dan Pantai Timur Sumatera. 

Jalan ini memiliki tikungan tajam dan lebar sekitar 5 meter, berbatasan dengan jurang, dan diapit oleh dua bukit di antara dua cagar alam yaitu Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau. Di sekitar Jalan Kelok 9, sebuah jembatan layang sepanjang 2,5 km telah dibangun.

Jembatan ini membentang mengular di sepanjang dua dinding bukit yang curam dengan pilar-pilar beton yang tingginya bervariasi, mencapai 58 meter. 

Terhitung, jembatan ini melintasi bukit sebanyak enam kali bolak-balik. Jembatan ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Oktober 2013 lalu.

Baca Juga  Inilah Jenis Makanan Tinggi Vitamin Untuk Ibu Menyusui

Dengan jalan yang berkelok-kelok, pengendara dari Riau menuju Sumatera Barat atau sebaliknya harus melewati 9 tikungan ini, sebelum jalan ini dibangun, kemacetan dan kecelakaan sering terjadi.

Karena itulah muncul ide untuk membuat jalan layang sembilan arah ini, yang dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2013 dengan nama Kelok 9. Tentu saja dengan konstruksi jembatan yang kokoh.

Sebagai informasi, Jembatan Kelok 9 merupakan salah satu bangunan tua yang masih digunakan sebagai jalur lalu lintas, dengan pemandangan yang indah layaknya arena balap.

WhatsApp chat