Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Lima Manfaat Tidur Siang yang Wajib Kamu Ketahui

Tidur siang sering dikaitkan dengan kebiasaan anak-anak dan para bayi agar tubuhnya lebih sehat, cepat tumbuh besar, dan untuk memenuhi kebutuhan istirahat yang cukup. Namun pada dasarnya manfaat tidur siang juga bisa diperoleh orang dewasa. Kebiasaan tidur siang memang kurang populer di kalangan orang dewasa karena kerap kali dianggap mengganggu aktivitas harian.

Banyak juga orang dewasa yang kurang menyukai tidur siang karena merasa tidak ada waktu yang cukup. Padahal jika mengenal lebih jauh tentang manfaat tidur siang, yakin deh kamu akan mencoba memulai kebiasaan baik ini. Manfaat tidur ini tak hanya memberikan dampak positif terhadap kesehatan tubuh tapi juga terhadap kesehatan mental dan lainnya. Yuk kita simak manfaat tidur siang seperti berikut ini!

Tidur Siang Mampu Meningkatkan Performa Kerja
Manfaat tidur di siang hari yang pertama adalah dapat meningkatkan performa kerja melalui peningkatan kewaspadaan dan performa motorik kamu. Hal inilah yang membuat seseorang cenderung lebih berenergi ketika bekerja setelah melakukan tidur siang sejenak.

Agar mendapatkan manfaat yang satu ini usahakan untuk tidur dengan durasi yang tepat yaitu sekitar 20 menit. Tidur selama 20 menit ini terbukti sangat baik dalam mempertajam ketrampilan dan perhatian kamu. Bagaimana jika tidur di siang hari selama lebih dari 20 menit? Tidur di siang hari lebih dari 60 hingga 90 menit dinilai mampu mengistirahatkan Rapid Eye Movement (RED) sehingga membantu mengurangi rasa lelah pada mata.

Baca Juga  Resep Nugget Tahu yang Gurih Renyah untuk Lauk Makan Siang Anak

Selain itu tidur di siang hari selama 60 hingga 90 menit pun bermanfaat untuk membuat koneksi baru di otak dan menyelesaikan masalah dengan cara kreatif yang baru. Ingat untuk tidur siang secukupnya ya karena jika berlebihan maka dampaknya akan sebaliknya. Tidur siang dengan waktu yang terlalu lama faktanya akan membuat kamu mersa pusing saat terbangun.

Meningkatkan Daya Ingat
Manfaat tidur siang untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu meningkatkan daya ingat kamu. Manfaat ini tidak hanya dapat dirasakan anak-anak tetapi juga orang dewasa dan para lansia. Seperti yang kamu ketahui bahwa seiring bertambahnya usia terutama pada orang lanjut usia sehingga akan mengalami penurunan kemampuan memori.

Dilansir dari sebuah studi dari Universitas Delaware dan Universitas Pennsylvania di Amerika Serikat diungkapkan bahwa tidur siang juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan seseorang. Salah satu negara yang telah menerapkan konsep ritual tidur di siang hari untuk anak-anak di sekolah adalah negeri Tirai Bambu, Cina. Berdasarkan berita dari New York Times, para guru di Cina memberi waktu istirahat siang berupa tidur sejenak sebagai salah satu pola hidup sehat.

Baca Juga  7 Makanan Ini Ampuh Usir Bau Mulut Saat Berpuasa, Napas Segar Seharian

Mempertajam Kreativitas
Tidur siang sejenak pun ternyata juga memberi dampak yang baik dalam meningkatkan kreativitas kamu.
Sebuah studi yang dilakukan oleh seorang ahli dari University of California, Sara Mednick, menyatakan bahwa tidur siang sejenak dapat meningkatkan persepsi sensorik yang sama efektifnya seperti tidur malam.

Hal ini membuat mereka yang tidur saat siang hari menjadi lebih kreatif daripada mereka yang tidak tidur siang. Manfaat tidur siang terhadap kesehatan ini dapat kamu rasakan karena jumlah produksi serotonin di otak yang meningkat. Peningkatan serotonin pada otak ini kemudian memberi efek peningkatan kreativitas dan pandangan baru yang lebih positif.

Meningkatkan Mood
Kamu merasa hari kamu buruk atau sedang mengalami suasana hati yang berantakan atau merasa tidak nyaman? Kamu bisa coba melakukan tidur di siang hari untuk memperbaiki mood kamu. Menurut hasil riset yang dilakukan pada tahun 2007 berbaring selama 10 menit dapat membawa manfaat berupa peningkatan mood yang lebih baik daripada mereka yang tidak sempat tidur siang. Peningkatan mood atau suasana hati menjadi lebih baik ini merupakan hasil dari peningkatan jumlah hormon serotonin pada otak. Oleh karena itu tidur di siang hari cukup efektif untuk menurunkan tingkat stres, cemas, dan depresi.

Baca Juga  Agar Sukses Saat Dewasa, Begini Cara Mendeteksi Bakat Anak Sejak Dini

Meningkatkan Kesabaran
Saat kamu merasa stres karena beban pekerjaan yang berat kamu akan cenderung lebih mudah merasa panik. Jika kepanikan melanda kamu data mengatasinya dengan tidur di siang hari dalam waktu singkat. Tidur di siang hari sejenak ini faktanya mampu memberi manfaat berupa peningkatan kesabaran seseorang. Fakta ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Michigan, Amerika Serikat melalui perbandingan antara dua kelompok.

Kedua kelompok dalam pengujian ini kemudian mendapat tugas untuk mengerjakan desain geometris yang sulit di komputer. Hasil yang diperoleh dari pengujian ini menunjukkan bahwa kelompok yang tidur siang mampu bertahan mengerjakan tugas ini sekitar 90 detik. Hasil ini berbanding dengan peserta dari kelompok lain yang tidak tidur siang yang hanya mampu bertahan sekitar 45 detik.

WhatsApp chat