Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Wabah Menari (Dancing Plague) : Wabah Aneh Yang Membuat Ratusan Orang Menari Hingga Mati

Wabah Menari (Dancing Plague) : Wabah Aneh Yang Membuat Ratusan Orang Menari Hingga Mati

Wabah menari (The Dancing Plague) adalah wabah yang terjadi pada musim panas di tahun 1518. Wabah yang menimpa banyak orang secara massal ini terjadi di wilayah Strasbourg. Tidak tanggung-tanggung ratusan orang turun ke jalanan menari-nari hingga berhari-hari, berminggu-minggu sampai berbulan-bulan tanpa henti hingga akhiranya meninggal dunia karena menderita stroke, serangan jantung, dan kelelahan ekstrim.

Pada musim panas tanggal 15 Juli 1518 di kota Strasbourg, Alsace yaitu wilayah kekuasaan Romawi Kuno, tiba-tiba seorang wanita bernama Frau Troffea melangkah ke luar rumah. Ia lalu mulai menari dengan gembira tanpa ada musik yang mengiringinya.

Troffea

Semakin hari semakin banyak yang menari. Awalnya dokter di kota tersebut sepakat untuk membiarkan orang-orang menari dengan pikiran bahwa mereka akan berhenti dengan sendirinya. Bahkan banyak orang disarankan untuk ikut menemani mereka menari dengan ditambahkan musik pengiring. 

Namun celakanya yang terjadi justru sebaliknya. Orang-orang tersebut bukannya berhenti menari malah semakin menjadi-jadi.

Wabah menari ini terjadi hingga bulan September 1518 menimbulkan kecemasan, duka, dan kengerian di seluruh kota. Banyak yang akhirnya terserang stroke dan serangan jantung, membuat sebagian orang meninggal dunia di tempat akibat kejadian ini.

Baca Juga  Luar Biasa, Dengan Sembilan Rahasia Dari Dokter Kulit Ini Akan Membuat Wajah Anda Lebih Cerah Dari Sebelumnya
WhatsApp chat