Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Unik, Ada Makam di Tengah Jalan dan Gang Sempit

Unik, Ada Makam di Tengah Jalan dan Gang Sempit

Orang yang sudah meninggal biasanya akan dimakamkan di pemakaman umum. Namun di beberapa negara ini, anehnya ada makam berada di area jalan umum atau jalan raya.

r dan biasanya berada di tempat khusus, seperti Tempat Pemakaman Umum (TPU). Akan tetapi, belum lama ini viral sebuah makam yang berada di dalam gang yang menjadi jalan untuk masyarakat setempat lalu-lalang.

Makam tersebut menjadi perbincangan warganet setelah diunggah oleh akun Twitter bernama @ardibhironx pada Sabtu (13/6) lalu. Dari foto yang diunggah tersebut terlihat sebuah makam dengan nisan yang berada di tepi jalan gang.

“Jakarta sempit bos,” tulis @ardibhironx.

akun anon@ardibhironx

Jakarta sempit bos

View image on Twitter

Selain makam tersebut, berikut 5 makam yang berada di tengah area umum

1. Makam di Jalanan Ternate

Sebuah makam terletak di pinggir jalan di Ternate. Namun warga setempat tidak ada yang mengetahui siapa gerangan yang bersemayam dan pemilik makam tersebut. Namun konon, jika hari raya tiba, ratusan orang datang ke makam ini dan menaburkan irisan daun pandan dan berdoa.

Menurut warga setempat, dahulu makam misterius tersebut sempat akan dipindahkan guna untuk pembangunan jalan. Namun kabarnya operator mesin berat yang digunakan untuk memindahkan makam justru meninggal dunia. Salah satu dugaan yang beredar di masyarakat, makam ini bukanlah makam orang sembarangan. 

2. Makam Tua di Tengah Jalan Purwokerto 

Baca Juga  Korea Utara Diserang 'Kiamat' Ban, Distribusi Barang Lumpuh!

Warga setempat menceritakan, tidak diketahui pasti kapan makam itu dibangun. Namun, makam itu ada pada zaman penjajahan Belanda. Makam itu juga dikeramatkan. Para petinggi negeri yang ingin naik jabatan hingga penjual yang ingin dagangannya laris kerap bertapa, menaburkan bunga, hingga memberikan sesaji di makam tersebut. 

3. Makam Diapit Gedung Tinggi di China  

Sebuah makam leluhur berdiri di tengah-tengah bangunan yang sedang dibangun karena keluarga dari almarhum menolak untuk memiindahkannya. Makam ini adalah kuburan leluhur dari seorang warga dari Longbao. Keluarga tidak mencapai deal harga dengan tawaran kompensasi untuk relokasi yang telah ditawarkan pihak kontraktor.

Batu nisan ini tampak menjulang tinggi setinggi sepuluh meter, sementara para pekerja terus mendirikan flat di sekitar makam. Pihak pengembang sebenarnya telah menawarkan nilai uang sebesar Rp 1,5 miliar, tapi pihak keluarga tetap bersikukuh enggan memindahkan makam keluarga mereka. Hasilnya, sekarang makam tersebut tetap bertengger di antara gedung-gedung sekelilingnya.

4. Makam di Tengah Jalan County Road Amerika

Baca Juga  Skin Gratis Mobile Legend Event KoF

Sebuah makam di tengah jalan juga ada di Amerika Serikat, tepatnya di County Road 400 Kota Amity, Indiana. Makam kuno ini tetap dibiarkan dan tidak dipindahkan hingga kini dengan alasan yang berbeda.

Makam ini adalah milik seorang perempuan bernama Nancy Kerlin Barnett yang meninggal pada tahun 1831. Saat akan dibangun jalan raya, pemerintah setempat memutuskan untuk merelokasi makam. Namun salah satu anak Nancy keberatan untuk memindahkan makam ibunya.

Dia terus mempertahankan makam tersebut dengan membawa senjata hingga akhirnya makam tersebut terpaksa berada di tengah-tengah jalan yang terbelah dua.

5. Makam di Tengah Jalan Raya Jiangzi China

Di Jiangzi China terdapat kuburan yang terletak di tengah jalan raya Shangrao. Ternyata kuburan itu merupakan tempat bersemayamnya jenazah seorang ibu, ayah dan kerabat dari petani bernama Zhang Rongsheng. Meskipun sudah diminta untuk merelokasi kuburan keluarganya, Zhang Rongsheng keberatan karena ganti rugi yang tidak sesuai permintaannya.

Dia mengharapkan ganti rugi sebesar Rp 1,3 miliar. Namun pihak pengembang menganggap ganti rugi tersebut terlalu tinggi. Akibatnya, kuburan itu tetap berada di tengah jalan raya, meskipun mengganggu dan membuat kesal orang-orang yang melewatinya. 

Baca Juga  EXO cetak rekor baru penjualan satu juta album

Pengembang tetap saja melanjutkan pembangunan jalan raya yang rampung pada Februari 2014 lalu. Kuburan tersebut dibiarkan tetap seperti sedia kala dan akhirnya menjadi tontonan turis yang heran dengan keberadaannya.  

Sumber : winnetnews.com

WhatsApp chat