Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Trik Membuat Udara yang Dihembuskan Kipas Angin Lebih Dingin

Kipas angin menjadi solusi mengatasi udara panas dalam ruangan. Akan tetapi, berbeda dengan AC yang dapat mendinginkan ruangan dengan cepat dan lebih sejuk, kipas angin bekerja cukup lama serta hanya menghilangkan udara panas, bukan mendinginkan ruangan.

Ada beberapa cara membuat ruangan sejuk dengan kipas angin.

Angin Silang

Membuat angin silang akan mengeluarkan udara panas dari ruangan sekaligus menarik udara dingin ke dalam ruangan. Untuk membuatnya, tutup jendela dan gorden pada siang hari untuk menghindari masuknya udara panas ke rumah.

Setelah itu, ketika sore hari dan suhu mulai turun, buka jendela dan gunakan dua kipas untuk mendinginkan ruangan.

Satu kipas angin diletakkan menghadap ke luar jendela untuk mendorong udara panas ke luar dan satu kipas lainnya ditempatkan di dekat jendela untuk membawa udara segar dan sejuk.

Gunakan Es Batu

Sesaat sebelum tidur, isi ember dengan es batu, baik yang dibeli di toko maupun dibuat sendiri menggunakan cetakan di dalam freezer. Kemudian, letakkan ember di depan kipas angin dan tunggu ruangan menjadi dingin. Udara yang diembuskan kipas angin akan mengenai es sehingga menurunkan suhu udara.

Baca Juga  Hore! Sri Mulyani Perpanjang Insentif Pajak untuk UMKM

Selain itu, udara dingin tersebut akan beredar di sekitar ruangan dan tetap seperti ini sampai es mencair dan mendinginkan ruangan.

Gunakan Air Es

Jika tidak memiliki es batu, gunakan air es untuk mendinginkan ruangan. Caranya, isi empat botol plastik. Semakin besar botol, semakin baik dengan air. Kemudian, masukkan botol-botol tersebut ke frezzer sampai air membeku.

Setelah itu, keluarkan botol dan letakkan di atas nampan, lalu tutup botol dengan kain lembap, dan letakkan nampan tepat di depan kipas angin. Selanjutnya, biarkan udara berembus ke seluruh ruangan dan membuat dingin ruangan.

Jendela Tinggi

Letakkan kipas angin di dekat jendela tersebut sehingga kipas dapat mengeluarkan udara panas sebanyak mungkin dari rumah. Atur kipas dengan kecepatan setinggi mungkin dan gunakan rak atau tangga untuk menyeimbangkan kipas.

Jika menggunakan kipas plafon, putar bilah kipas berlawanan arah jarum jam sehingga bilahnya menyedot udara panas di sekitar dan di atas langit-langit ke arah kipas.

WhatsApp chat