Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Tips Menghemat Pengeluaran dan Menambah Pemasukan

Trik Jitu Mengatur Keuangan untuk Masa Depan Cerah

Berikut ini ada cara efektif menghemat pengeluaran dan menambah sedikit pemasukan dari hal-hal di sekitar kita. Mari kita cek!

Mencabut daya listrik yang tidak terpakai

Walau terlihat simpel, namun mencabut daya listrik langsung setelah digunakan mampu mengurangi tagihan listrik. Mencabut kabel charger ponsel, komputer, TV, kipas angin dan elektronik lainnya selain kulkas bisa menjadi cara efektif mengurangi biaya tagihan, apalagi jika dilakukan setiap hari.

Mencatat pengeluaran harian

Sulit untuk menghemat pengeluaran jika kita tidak tahu kemana saja uang yang telah kita belanjakan. Jika mencatat semua pengeluaran, kita akan tahu hal apa saja yang seharusnya tidak dibutuhkan sehingga pada kesempatan selanjutnya akan mengurangi jatah yang tidak perlu dikeluarkan tersebut.

Kurangi membeli kopi di cofee shop

Seperti yang kita tahu bahwa harga kopi di cofee shop cukup menguras kocek. Jika hanya sesekali mungkin tidak masalah, namun jika setiap pagi kamu harus membeli kopi di cofee shop tentunya bisa membuat keuangan menjadi tiris.

Baca Juga  Cara Menahan BAB Saat Darurat yang Ampuh

Tunggu satu bulan sebelum memutuskan membeli sesuatu

Jika kamu melihat sesuatu barang atau terpikir untuk membeli sebuah barang selain kebutuhan pokok seperti makan, maka berilah waktu sebulan untuk menentukan apakah barang tersebut layak dibeli atau tidak.

Menyimpan uang kembalian

Kamu bisa memasukkan ke celengan uang kembalian sisa dari membeli suatu barang. Masukanlah semua dan biarkan hingga jumlahnya bertambah setiap kali kamu mendapat uang kembalian.

Lebih sering makan di rumah

Selain lebih sehat, makan di rumah juga bisa menghemat pengeluaran. Sempatkanlah memasak makanan untuk di bawa ke kantor. Tentu saja kamu bisa sesekali makan di luar bersama teman lainnya agar tidak merasa bosan.

WhatsApp chat