Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Tips Agar Tetap Nyaman Dan Menyenangkan Saat Self Isolation

Tips Agar Tetap Nyaman Dan Menyenangkan Saat Self Isolation

Virus corona atau COVID-19 ternyata tidak hanya berdampak pada kesehatan. Gaya hidup manusia pun turut menyesuaikan, terutama dengan adanya self isolation.

Berdiam di rumah dan tidak ke mana-mana dalam waktu yang cukup lama bisa mengakibatkan kebosanan. Maka dari itu, kamu butuh banyak kegiatan supaya self isolation bisa tetap nyaman dan menyenangkan. Yuk, simak tips berikut ini!

Apa itu self isolation?
Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona, World Health Organization menghimbau untuk melakukan pembatasan fisik (physical distancing) selama kurang lebih 14 hari.

Jangka waktu tersebut adalah masa di mana virus corona berinkubasi dalam tubuh seseorang. Pembatasan fisik dinilai bisa mengurangi menyebarnya virus corona yang mudah ditularkan dari orang ke orang.

Waktu ini juga digunakan untuk memonitor diri sendiri apakah dalam rentang waktu 14 hari kamu menunjukkan gejala terkena virus corona atau tidak. Gejala-gejala tersebut diantaranya adalah batuk, demam, dan kesulitan bernapas. Jika kamu menunjukkan gejala-gejala tersebut, ada baiknya kamu segera melakukan self isolation.

Self isolation adalah cara efektif untuk menjaga orang-orang di sekitarmu, terutama keluarga karena mereka paling rentan untuk tertular.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan satu ruangan untuk meminimalisir kontak dengan anggota keluarga. Usahakan ruangan tersebut memiliki ventilasi dan jendela yang bisa dibuka. Di samping itu, gunakan masker agar virusnya tidak menyebar melalui batuk atau bersin.

Baca Juga  Tips Hilangkan Komedo dengan Dua Bahan Ini

Kamu juga harus mengurangi atau tidak kontak sama sekali dengan anggota keluarga di rumah. Memang terdengar sulit namun inilah yang kamu harus lakukan saat self isolation.

Jika kamu berada dalam self isolation, kamu juga harus menggunakan kamar mandi yang terpisah dan tidak berbagi alat makan dengan anggota keluarga kamu. Setelah menggunakan alat makan, mengenakan baju, atau mengganti seprai, kamu harus mencucinya dengan sangat bersih.

Apa yang bisa dilakukan saat self isolation?
Di saat self isolation, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah beristirahat. Tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk melawan penyakit sehingga kamu harus benar-benar membiarkannya bekerja dan demam adalah salah satu bentuk responsnya.

Akan tetapi, orang yang sedang berada dalam self isolation cenderung merasa bosan. Oleh karena itu, mereka membutuhkan kegiatan yang bisa dilakukan sambil beristirahat namun juga nyaman dan menyenangkan.

Tetap tenang
Supaya self isolation bisa nyaman dan menyenangkan, kamu harus bisa menenangkan diri kamu sendiri. Jangan panik. Self isolation dilakukan untuk diri kamu sendiri dan keluarga kamu. Jalani prosesnya dan ikuti prosedurnya. Rasa cemas yang berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan, baik tubuh maupun mental.

Baca Juga  Dimana Saja Lokasi Perayaan Malam Tahun Baru di Yogyakarta?

Telepon keluarga dan teman
Di tengah-tengah self isolation, kamu pasti akan merasa kesepian meskipun kamu berada satu atap dengan keluargamu. Kamu merasa seperti di penjara dan tidak bisa melakukan apapun.

Menurut Dr. Stephanie Cacioppo, direktur Brain Dynamics Laboratory di University of Chicago’s Pritzker School of Medicine, rasa kesepian bisa disamakan dengan rasa lapar atau haus.

Jika tidak dituntaskan bisa menimbulkan dampak yang serius. Dr. Cacioppo mengatakan bahwa kesepian tidak hanya berbahaya bagi pikiran namun juga kesehatan tubuh. Bahkan saat tidak ada wabah sekalipun, rasa kesepian yang sangat bisa meningkatkan resiko kematian sebesar 26 persen.

Oleh karena itu, melakukan video call dengan teman dan keluarga saat self isolation bisa membantu mengurangi rasa kesepian tersebut.

Dr. Cacioppo juga menambahkan bahwa yang membuat kebutuhan bersosialisasi kita terpenuhi tidak semata-mata terletak pada mediumnya. Kunci dari interaksi sosial yang baik adalah waktu yang berkualitas baik itu secara fisik ataupun melalui video call.

Membaca buku
Pecinta buku pasti akrab dengan istilah so many books so little time. Koleksi bukumu menumpuk namun banyak yang belum dibaca. Self isolation bisa menjadi kesempatan kamu untuk menyelesaikan tumpukan buku tersebut.

Beberapa penulis terkenal juga bahkan berbagi daftar bacaan mereka seperti Sarah Perry, Howard Jacobson, dan Will Self. Baik itu novel atau non fiksi, tidak ada yang tidak berguna.

Baca Juga  Waspada! Zodiak Ini Suka Mencuri Ide Orang Lain

Menonton film
Film juga bisa menjadi salah satu pilihan kamu untuk mengisi waktu selama self isolation. Ada banyak penyedia layanan streaming seperti Netflix dan Hulu. Televisi nasional pun menayangkan film-film yang seru setiap malamnya. Menonton film bisa membantu kamu untuk setidaknya melepaskan kekhawatiran akibat isolasi mandiri.

Berbagi dengan sesama
Tak ada yang lebih melegakan hati dibandingkan dengan berbagi. Self isolation bisa menjadi kesempatan kamu untuk mengingatkan dan mengedukasi mereka yang masih acuh terhadap bahaya virus corona. Jadikan dirimu sendiri sebagai contoh dan ajak orang-orang agar terus menjaga diri dan keluarga mereka.Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan seperti membuat vlog atau membuat tulisan. Bagikan melalui media sosial seperti Instagram atau YouTube. Dengan berbagi beban dengan sesama, semoga hari-hari kamu saat self isolation bisa menjadi lebih ringan.

Perbanyak ibadah
Meningkatkan keimanan dan spiritualitas dipercaya bisa memberikan ketenangan. Self isolation adalah waktu yang tepat untuk lebih banyak meluangkan waktu dengan yang maha kuasa. Merenung dan berdoa akan membuat kamu lebih bijak dalam menyikapi keadaan yang menimpa saat ini.

WhatsApp chat