Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

TIGA MINUMAN YANG BAIK UNTUK MENCEGAH PENYAKIT GINJAL

Ginjal adalah organ yang sangat penting bagi tubuh. Fungsinya pun beragam misalnya untuk menyaring darah dan membuang racun dari dalam tubuh dalam bentuk urin. Maka dari itu, kesehatan organ tersebut harus sangat dijaga agar tubuh terbebas dari racun.

Jika kamu tidak menjaganya dengan baik, kamu tentu berisiko menderita gangguan pada ginjal. Misalnya, glomerulonefritis, penyakit ginjal polikistik, batu ginjal, infeksi ginjal, kanker ginjal, hingga gagal ginjal.

Gangguan tersebut bisa terjadi akibat komplikasi dengan penyakit lain seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Faktor keturunan juga bisa memberikan pengaruh pada kondisi ginjal kamu lho.

Berikut beberapa minuman pembersih untuk ginjal :

Perasan Lemon
Selain konsumi air putih, air perasan lemon juga bagus untuk ginjal kamu. Kandungan asam sitrat di dalam lemon dapat membersihkan sisa-sisa kalsium dalam organ tersebut. Jika kalsium dibiarkan menumpuk, maka kemungkinan kamu bisa menderita batu ginjal.

Untuk mengonsumsinya pun cukup mudah. Peras lemonnya dan campurkan dengan air dingin. Siap diminum deh!

Baca Juga  Hello Para Menantu, Diam-Diam Ibu Mertuamu Menginginkan 5 Hal Ini Darimu Loh

Tapi, perlu diingat, sebaiknya kamu tidak menambahkan gula pada air lemon kamu. Jus lemon kemasan juga tidak dianjurkan karena mengandung banyak gula serta telah mengalami proses pasteurisasi yang memecah nutrisi dalam lemon.

Rebusan Jahe
Jahe adalah bumbu dapur yang telah banyak digunakan untuk pengobatan herbal. Selain mudah didapatkan, jahe juga gampang untuk diolah. Salah satunya dengan cara direbus atau dicampur dengan teh.

Membuatnya pun cukup mudah. Kamu bisa memarut jahe yang sudah dibersihkan. Lalu masukkan parutan tersebut ke dalam air panas dan biarkan selama lima menit. Kamu bisa menambahkan madu ke dalam air rebusan tersebut sebagai pemanis.

Jahe sendiri mengandung senyawa yang disebut gingerol yang berfungsi untuk mengurangi penyebaran bakteri. Karenanya, rutin meminum teh atau air rebusan jahe dapat membantu melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan pada ginjal.

Selain itu, jahe juga dapat mengurangi ketegangan pada organ tersebut, yang terlalu banyak bekerja serta memproses kotoran di dalamnya agar menjadi bersih.

Baca Juga  Resep Donat Isi atau Bomboloni dengan Isian Lumer

Rebusan Kunyit
Selain jahe, bumbu dapur kunyit juga dapat kamu gunakan untuk membersihkan ginjal. Kandungan antioksidan dalam kunyit dipercaya dapat melawan inflamasi atau peradangan terkait penyakit ginjal kronis.

Selain itu, kunyit juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah sendiri merupakan salah satu pemicu penyakit ginjal. Maka dari itu, mengonsumsi kunyit setiap hari dapat mendetoksifikasi serta meningkatkan kinerja ginjal.

Untuk merasakan manfaatnya, kamu bisa meminum air rebusan kunyit, teh kunyit atau jamu kunyit. Kamu bisa menambahkan asam agar rasanya lebih nikmat!

WhatsApp chat