Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Termasuk Langka, Berikut Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Yang Patut Kamu Ketahui

Kunyit mungkin biasa kita kenal sebagai salah satu bumbu masakan di dapur. Manfaat kunyit untuk kuliner tidak perlu dipertanyakan lagi. Namun, yang jarang diketahui adalah manfaat untuk kesehatan.

Kunyit sendiri sebenarnya ada beberapa jenis. Kunyit yang paling sering dan mudah ditemukan adalah kunyit merah. Padahal, ada juga jenis kunyit lainnya, seperti kunyit hitam dan kunyit putih yang akan dibahas manfaatnya di artikel ini.

Kunyit putih memang termasuk yang jarang sekali untuk temui dibandingkan kunyit merah. Walaupun begitu, sebenarnya tanaman tersebut banyak ditemukan di Indonesia dan India. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung saja simak manfaat kunyit putih untuk kesehatan yang patut kamu ketahui. Bisa jadi, kunyit putih ini menjadi alternatif obat alami saat kamu sedang merasa sakit.

Menjadi Obat Alami untuk Alergi
Manfaat kunyit pertama untuk kesehatan adalah menjadi obat alami bagi kamu yang sedang mengalami alergi. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk mengonsumsi obat-obatan penghilang alergi terlebih dahulu.

Kamu bisa mengonsumsi kunyit putih terlebih dahulu untuk menghilangkan alergi yang misalkan sedang kamu alami. Senyawa curcuminoids yang ada pada kunyit putih bermanfaat sebagai antialergi.

Baca Juga  Jokowi Coret Proyek Pesawat R80 Habibie, Lebih Pilih Drone

Senyawa tersebut terbukti untuk mengatasi gejala alergi yang terjadi pada kulit. TIdak hanya itu saja, kunyit putih pun bisa bermanfaat layaknya antihistamin yang berfungsi menghambat protein penyebab peradangan.

Mengurangi Risiko Kanker
Manfaat kunyit selanjutnya ini mungkin memerlukan penelitian lebih lanjut. Walaupun begitu, kandungan yang terdapat pada kunyit putih diduga mampu mengurangi risikomu terkena kanker.

Kunyit putih mengandung dua zat yakni CTR-17 dan CTR-20 yang bisa merusak sel-sel kanker. Zat tersebut diduga mampu merontokkan, memblokir, dan menonaktifkan sel kanker tanpa merusak sel lainnya.

Beberapa penelitian pun mengungkapkan bahwa kunyit putih diyakini mampu menghambat metastasis kanker dari satu orang tubuh ke orang tubuh lainnya.

Mengatasi Masalah Pencernaan
Manfaat kunyit putih berikutnya adalah mengatasi masalah pencernaan. Kunyit putih sendiri sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu sebagai salah satu obat tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan.

Minyak esensial dari kunyit putih cukup bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Mulai dari perut kembung, sembelit, kejang otot, dan masalah lambung lainnya.

Baca Juga  Dampingi Anak Sekolah Virtual, Biar Gak Belajar Sambil Rebahan

Selain untuk mengatasi masalah pencernaan, manfaat kunyit pun bisa dijadikan sebgai penaik nafsu makan akibat lidah yang terasa pahit dan membantu meredakan radang usus yang dipicu oleh stres yang terlampau berlebih.

Meringankan Rasa Sakit
Meringankan rasa sakit yang sedang kamu rasakan menjadi manfat kunyit untuk kesehatan berikutnya. Hal ini disebabkan dari sifat analgesik yang dimiliki oleh kunyit putih.

Kandungan senyawa curcumenol inilah yang berperan aktif dalam mengurangi rasa sakit. Bahkan, kandungan senyawa tersebut disinyalir memiliki khasiat yang lebih baik dibanding aspirin.

Manfaat kunyit putih sebagai pereda atau peringan rasa sakit bisa digunakan sebagai terapi jangka pendek. Nilai lebih lainnya tentu di mana kunyit putih merupakan bahan obat alami.

Kunyit Putih sebagai Antimikroba dan Antijamur
Kunyit putih memiliki sifat antimikroba dan antijamur. Sehingga, manfaat kunyit putih lainnya adalah berperan dalam melawan infeksi jamur seperti candida dan aspergillus.

Selain berperan aktif sebagai antimikroba dan antijamur dalam melawan infeksi jamur, kunyit putih memiliki khasiat untuk menghambat aktivitas jamur-jamur lainnya pada tubuh.

Baca Juga  Dijamin Lolos!!! Trik Menjawab 4 Pertanyaan "Killer" Saat Interview Kerja

Sedangkan, perannya sebagai antimikroba sendiri, kunyit putih memiliki andil yang cukup besar dalam mengurangi jumlah bakteri jahat yang ada dalam mulut. Hasilnya setara dengan obat kumur yang ada di pasaran.

WhatsApp chat