Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

TAHUKAH ANDA ; INILAH RESEP BAKSO ENAK, BISA JADI BISNIS MENJANJIKAN TANPA PERLU PAKAI PENGLARIS LHO…

Jika mendengar kata “bakso” pasti kamu langsung membayangkan bola-bola daging lezat yang biasanya disajikan bersama dengan kuah kaldu yang gurih, dengan mi, bihun, dan sayur sebagai pelengkapnya.

Selain cita rasanya yang lezat, tekstur yang lembut dan kenyal juga menjadi kunci mengapa bakso menjadi primadona kuliner di Indonesia.

Kamu juga bisa membuat bakso di rumah, kok. Dengan membuat bakso sendiri, kamu bisa menyesuaikan tekstur, rasa, bahkan isi bakso sesuai dengan seleramu. Dijamin, bakso buatanmu antigagal setelah menghindari kesalahan berikut ini.

Tidak menggunakan daging yang masih segar
Meskipun bakso lebih identik menggunakan bahan dasar daging sapi, namun kamu juga bisa kok membuat bakso berbahan dasar daging ayam atau seafood. Namun, pemilihan dagingnya haruslah tepat.

Jika kamu ingin membuat bakso sapi halus, gunakan daging yang bebas lemak. Disarankan untuk menggunakan daging yang hanya mengandung sekitar 20 persen lemak saja, agar tekstur bakso yang kamu buat tetap lembut namun tidak lembek.

Hindari menggunakan daging giling yang sudah tersedia di pasar atau supermarket karena biasanya daging merah dan lemaknya sudah tercampur. Lemak yang berlebihan pada bakso akan membuat tekstur bakso tidak kenyal dan terasa lebih enek.

Baca Juga  Lima, Bahaya Yang Mengintaimu Dari Minuman Boba, Mulai Dikurangi Ya...

Tidak menakar dengan benar bahan yang diperlukan
Untuk memperoleh tekstur bakso yang sesuai, ada baiknya jika kamu menimbang terlebih dahulu bahan yang kamu perlukan. Ini sangat berguna untuk menghindari bakso yang terlalu lembek dan tidak kenyal.

Kunci dari pembuatan bakso ada pada dua bahan, yaitu daging dan tepung tapioka. Rasio perbandingan dari kedua bahan ini adalah 4:1. Jadi, jika kamu menggunakan 1 kilogram daging, maka tepung tapioka yang diperlukan adalah 250 gram.

Selain itu, kamu juga perlu menambahkan telur. Telur berfungsi untuk mengikat daging, tepung, dan bahan lainnya agar bakso tidak pecah saat direbus. Telur juga akan membuat bakso lebih padat dan kenyal.

Tidak menambahkan es batu pada adonan bakso
Peran es batu sangatlah penting dalam pembuatan bakso. Jika kamu sering mengabaikannya, coba untuk tidak melewatkan tahap penambahan es batu pada adonan bakso kali ini.

Fungsi es batu adalah sebagai pembentuk tekstur bakso menjadi halus, lembut, dan mudah dibentuk. Selain itu, es batu juga berguna untuk membantu melarutkan semua bahannya.

Baca Juga  TAHUKAH ANDA : INILAH ORANG PERTAMA YANG MEMPRAKARSAI PERIKLANAN DI INDONESIA

Menambahkan es batu tentu akan membantu protein yang ada pada daging tidak rusak dan membuat bakso lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Langsung merebus bakso saat sudah dibentuk
Ketika membuat bakso, kamu mungkin langsung memasukkan bakso yang sudah dicetak ke dalam panci berisi air mendidih agar bakso bisa cepat matang. Cara ini memang terdengar efisien, namun ini justru akan membuat bakso menjadi lembek atau bahkan membuat bakso pecah.

Langkah yang benar adalah rendam butiran bakso ke dalam air hangat atau air panas terlebih dahulu. Diamkan selama kurang lebih 5 menit untuk mendapatkan kepadatan dan kekenyalan yang diinginkan. Setelah itu, barulah kamu bisa merebusnya untuk mematangkan bakso tersebut.

Jika bakso sudah mulai mengapung, itu tandanya bakso sudah matang. 
Membuat kaldu langsung dari air rebusan bakso
Bakso memang paling pas disajikan dengan kuah yang gurih. Namun, membuat kuah yang gurih juga memerlukan bahan yang pas agar kuah terasa lezat.

Kamu bisa menggunakan tulang sapi bagian lutut untuk membuat kuah bakso. Tulang lutut mengandung sumsum yang bisa memberikan rasa gurih dan sedap pada kuah kaldu tersebut.

Baca Juga  Termasuk Langka, Berikut Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Yang Patut Kamu Ketahui

Lakukan proses blansir atau memasak dengan waktu yang singkat untuk mengeluarkan kotoran pada tulang lutut serta mendapatkan warna kaldu yang lebih jernih.

WhatsApp chat