Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Kejam! Gajah Betina di India Mati Usai Makan Nanas Berisi Petasan

Kejam! Gajah Betina di India Mati Usai Makan Nanas Berisi Petasan

Kisah pilu mengenai seekor gajah betina yang mati di Malappuram, India usai makan nanas berisi petasan menjadi sorotan luas. Apalagi gajah berusia 15 tahun itu tengah hamil dua bulan. 

Pejabat berwenang mengenai satwa liar di Kerala, India sampai turun tangan untuk melakukan penyelidikan bagaimana gajah itu bisa makan nanas berisi petasan. Termasuk motif di balik petasan dimasukan ke dalam buah nanas tersebut. 

Peristiwa matinya gajah betina itu terjadi pada (27/5) lalu. Menurut keterangan petugas penjaga hutan, Mohan Krishnan melalui akun media sosialnya, petasan meledak di dalam mulut gajah betina tersebut. Lalu, ia sempat berjalan berhari-hari seraya menahan sakit di bagian mulutnya di desa dekat pemukiman warga.

Petugas lainnya dari Taman Nasional Silent Valley, mengatakan gajah betina itu berjalan-jalan dengan luka di bagian rahang bawahnya yang menganga. Namun, kendati menahan sakit, gajah itu tidak melukai manusia. Bahkan, ia mencari sungai seolah untuk meredakan rasa sakit di dalam mulutnya. 

“Ketika saya melihat dia, dia berdiri di dalam sungai tanpa membuat suara apapun. Mungkin saja, dia merasa lega ketika merendam belalai dan mulutnya di dalam air,” kata Krishnan kepada stasiun berita BBC pada (4/6) kemarin. 

Baca Juga  Dear Ayah Bunda, Ini Tips Agar Belajar Anak di Rumah Menyenangkan

Pejabat senior di bidang kehutanan mengatakan gajah betina itu berdiri selama empat hari di dalam sungai dan tidak makan apapun. Bahkan, mereka juga sudah mengirimkan dokter hewan dan dua ekor gajah lainnya untuk menariknya. Tetapi, gajah betina itu kolaps dan tak lagi bernafas. 

“Kami sudah berusaha untuk menyelamatkan nyawa sang ibu dan bayi gajah, tapi kami gagal,” kata KK Sunil Kumar kepada BBC

Lalu, sudah kah otoritas India menangkap pelaku yang memasukan petasan ke dalam buah nanas?

1. Fokus penyelidikan telah mengerucut ke tiga orang

Menteri Lingkungan Prakash Javadekar mengatakan Pemerintah India serius melakukan penyelidikan terhadap tindak kejahatan terhadap hewan mamalia ini. Bahkan, mereka menyebutnya sebagai tindak pembunuhan. 

Kepala Menteri Kerala, mengatakan kini mereka tengah fokus menyelidiki tiga orang. 

“Dua orang masih dimintai keterangan saat ini. Tapi, kami belum melakukan penahanan secara resmi terhadap siapapun,” kata seorang pejabat berwenang. 

Masih belum diketahui apakah gajah betina itu diberi makan nanas berisi petasan atau ia menemukan nanas tersebut. Namun, para petani kerap menyebar buah seperti itu untuk mencegah hewan-hewan terutama beruang liar dan babi agar tidak merusak hasil panen mereka. 

Baca Juga  Postingan IG Reza Arap Dihapus dan Malah Pasang Foto Profil Artis Ini

2. Departemen Kehutanan India belum menemukan bukti kongkrit gajah itu mati karena makan buah nanas berisi petasan

Sementara, pejabat di Departemen Kehutanan India mengatakan hingga kini belum ditemukan bukti menyeluruh bahwa gajah betina itu mati karena mengonsumsi buah nanas berisi petasan. Tetapi, sebagian ahli berpikir gajah betina itu makan apa yang disebut “pig cracker” yang ditujukan bagi babi hutan. Sebab, mereka dianggap kerap sebagai hama oleh para petani. 

Konflik manusia yang tinggal dekat dengan habitat gajah juga menjadi persoalan sendiri. Gajah-gajah itu kemudian dianggap sebagai hama. 

“Manusia yang terlibat konflik kerap menggunakan metode mitigasi yang berbeda. Mereka membangun pagar listrik, membangun parit atau menggunakan bom (untuk mengusir hewan itu),” ungkap seorang pengajar di Universitas Agrikultur di Kerala, OP Nammeer. 

Pejabat di Depkeh juga berjanji akan memberikan hukuman maksimal kepada pelaku yang nantinya ditahan. 

3. Pembunuhan gajah betina itu diprotes luas oleh publik di India

Peristiwa matinya gajah betina usai makan nanas berisi petasan mendapat sorotan luas dari publik di India. Konglomerat Tata Sons, Ratan Tata dalam akun media sosialnya menyebut apa yang dilakukan pelaku sama saja dengan pembunuhan berencana. Sebab, gajah betina itu adalah hewan pasif. 

Baca Juga  TAHUKAH ANDA : INILAH 4 TIPS JITU MEMPERBAIKI WIFI YANG LEMOT
https://twitter.com/RNTata2000/status/1268202497216319489/photo/1

Kapten tim olahraga cricket India, Virat Kohli menyebut membunuh gajah sebagai tindakan pengecut. 

https://twitter.com/imVkohli/status/1268174685205745664/photo/1
WhatsApp chat