Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

TAHUKAH ANDA : INILAH ARTI NEW NORMAL DI INDONESIA YANG WAJIB KAMU KETAHUI

Beberapa bulan telah berlalu sejak virus corona mulai mewabah di Indonesia, masyarakat diperbolehkan untuk beraktivitas di luar rumah saat new normal di Indonesia terjadi dan mulai mencoba berdamai dengan virus corona.

Berdamai dengan virus corona memiliki arti kita dapat kembali melakukan rutinitas di luar rumah seperti biasa namun tetap harus menjaga diri dari kemungkinan penularan virus corona. Sampai vaksin corona ditemukan maka kita tetap harus mengikuti protokol kesehatan untuk menghindari terjadinya gelomban baru penyebaran virus corona.

Para ahli memprediksi bahwa vaksin corona baru akan tersedia paling cepat pada pertengahan tahun 2021. Oleh karena itu sampai vaksin corona ditemukan kita harus mulai membiasakan diri hidup dengan kebiasan baru.

Pada dasarnya new normal di Indonesia baru dapat dilakukan jika kurva infeksi sudah menurun. Hal ini menandakan jumlah kasus virus corona berangsur berkurang dan dapat dikendalikan. Namun sayangnya pada saat ini belum ada penurunan yang signifikan.

Ketika beberapa negara lain termasuk salah satunya negara Tiongkiok menerapkan kebijakan lockdown, Indonesia memilih menerapkan kebijakan PSBB. PSBB atau pembatasan sosial berskala besar dipilih Presiden Joko Widodo atas pertimbangan kepentingan perekonomian sehingga opsi lockdown dikesampingkan. Kebijakan PSBB ini membantu roda ekonomi berjalan meskipun tidak selancar sebelum pandemi.

Baca Juga  Apa benar Mie Instan dapat menyebabkan Usus Buntu?

Saat PSBB dijalankan maka beberapa aktivitas rutin masyarakat bisa tetap berjalan seperti pergi ke supermarket, pasar, toko penjualan obat-obatan dan alat medis, dan lain sebagainya. Tentunya semua aktivitas yang dilakukan selama masa PSBB tersebut harus tetap berpedoman pada kebijakan physical distancing dan protokol kesehatan lainnya.

Pemerintah Indonesia menggunakan sebuah parameter untuk menentukkan kapan new normal di Indonesia mulai diterapkan. Parameter ini berdasarkan kurva angka penularan yang menargetkan mengalami penurunan reproduction rate (RO) atau daya tular virus virus corona di bawah angka satu. Kondisi ini menggambarkan satu orang penderita virus corona yang tidak menularkan infeksi virus ke orang lainnya.

Penetepan parameter ini sesuai dengan standar yang ditawarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menetapkan syarat RO di bawah 1. Standar ini ditawarkan WHO kepada negara atau daerah yang akan menuju new normal atau kelaziman baru. Saat ini angka RO di Indonesia mencapai angka 2,5. Hal ini memiliki arti seorang penderita virus ccorona menularkan infeksi virus ke 2,5 orang di Indonesia lainnya.

Baca Juga  Wajib Bangga, Pasukan Elite TNI Bikin Tentara Asing Kagum

Salah satu daerah yang diperkirakan siap menghadapi new normal di Indonesia dengan angka RO di bawah 1 adalah Kota Bekasi di Jawa Barat.

Terdapat setidaknya 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota pilihan yang akan menjalankan skenario new normal di Indonesia. Keempat provinsi tersebut di antaranya adalah Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Gorontalo. Sedangkan untuk tingkat kota di antaranya adalah Kota Surabaya dan Kota Malang.

WhatsApp chat