Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Sosok Penemu virus corona

Sosok Penemu virus corona

Prof dr Ali Mohamed Zaki kini memang menjadi pembicaraan banyak kalangan di dunia baru-baru ini. Ia adalah seorang virologist berkebangsaan Mesir. Ia orang yang pertama menemuan dan meneliti virus corona jenis MERS, virus mematikan yang sejenis dengan virus yang kini merebak di Wuhan.

Semua pakar yang sekarang meneliti virus corona tersebut, pasti pasti merujuk pada karya Prof Ali Mohamed Zaki yang pernah dipublikasikan di jurnal The New England Journal of Medicine pada Oktober 2012. Ia melakukan riset dan penelitian virus itu bersama beberapa virologist Belanda.

Prof dr Ali Mohamed Zaki menemukan sampel virus corona dari seorang pasien berusia 60 tahun di Rumah Sakit Sulaiman Fakih di Jeddah, Arab Saudi saat menangani pasian yang mengalami deman, batuk dan kesulitan bernafas, serta infeksi paru-paru. Ia kemudian mengirim sampel tersebut ke laboratorium di Departemen Viroscience, Erasmus Medical Center, Rotterdam, Belanda.

Hasilnya kemudian diketahui bawah penyebab sakit yang diderita pasiennya di Jeddah itu adalah virus jenis baru yang kemudian dikenal sebagai virus corona, jenis baru corona sekarang menjadi wabah dan momok menakutkan di Wuhan. Karena dia yang pertama menemukan virus itu, jadi Prof dr Ali Mohamed Zaki menjadi rujukan banyak ilmuan dalam meneliti virus tersebut.

Baca Juga  Lagu-Lagu yang Dapat Memanggil Hantu
WhatsApp chat