Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Selain Sebagai Sumber Karbohidrat, Ini Manfaat Singkong untuk Tubuh

Singkong merupakan salah satu bahan makanan yang sering dijadikan aneka olahan mulai dari singkong goreng, rebus, keripik, hingga getuk.

Tahukah kamu bahwa singkong banyak mengandung kalori, nutrisi dan vitamin sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat mengkonsumsi singkong

  1. Merupakan sumber serat dan karbohidrat kompleks

Selain kalori, singkong juga kaya akan karbohidrat kompleks dan serat. Kedua nutrisi ini berfungsi untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengurangi peradangan, dan mengendalikan kadar gula darah.

Bila kadar gula darah terkendali, risiko terjadinya diabetes tipe 2 dan obesitas juga akan lebih rendah. Meski begitu, manfaat singkong dalam menstabilkan kadar gula darah ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

  1. Menambah energi

Singkong mengandung kalori yang cukup tinggi. Dalam 100 gram singkong, terkandung 110-150 kalori. Jumlah kalori ini lebih tinggi daripada kalori pada umbi jenis lain seperti kentang dan ubi.

  1. Memiliki kandungan antioksidan yang baik

Manfaat singkong lainnya bisa didapat dari kandungan vitamin C, vitamin A, dan beta-karoten di dalamnya. Vitamin C dan vitamin A merupakan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas, mencegah penyakit jantung, hingga mengatasi kerutan di kulit.

Baca Juga  8 Makanan Ini Menjadi Beracun Jika Dipanaskan dengan Microwave

Sementara beta-karoten berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kekambuhan gejala asma, mengurangi risiko kanker, serta baik untuk kesehatan kulit dan mata.

  1. Membantu mengontrol gula darah

Singkong termasuk makanan dengan nilai indeks glikemik rendah. Ini artinya, makanan ini tidak membuat kadar gula darah cepat naik.

Sementara itu, ada beberapa riset yang menyebutkan bahwa singkong bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya diabetes dan resistensi insulin.

Singkong bahkan disebut dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes.

WhatsApp chat