Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Selain Mudah Terserang Flu, Ini Dampaknya jika Anda Malas Mandi

Malas mandi bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Anda suka malas mandi? Jangan anggap sepele, kebiasaan ini bisa mengganggu kesehatan Anda.

Mandi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk menghilangkan kotoran, bakteri, dan kuman yang melekat pada tubuh akibat seharian menjalankan aktivitas. Umumnya, seseorang akan mandi dua kali sehari, namun jika malas mandi akan berdampak pada tubuh Anda.

Berikut beberapa dampak bagi kesehatan jika Anda tidak mandi, .

Muncul infeksi dari kuman

Sepanjang hari Anda selalu berhubungan dengan benda-benda lain, seperti ponsel, transportasi umum, uang, dan lain sebagainya. Bila Anda malas mandi setelahnya dan Anda memiliki luka atau goresan di tubuh, mungkin akan menjadi infeksi karena tidak terawat. Dengan tidak mandi, bakteri ini akan tetap berada di kulit dan berisiko terkena berbagai jenis infeksi, termasuk infeksi kulit yang disebabkan dari kuman.

Mudah terserang flu

Akibat tidak mandi, salah satunya mudah terserang berbagai penyakit, terutama flu. Akibat ini disebabkan karena imun yang minim ketika Anda jarang mandi sehingga kuman, virus, dan bakteri mudah sekali masuk dalam tubuh Anda. Karena itu, keseimbangan antara bakteri baik dan buruk pada tubuh bisa terganggu.

Baca Juga  Tahukah Kamu Ternyata Anak Cerdas dapat Diupayakan Sejak Masih dalam Kandungan, Berikut Tipsnya

Munculnya jerawat di bagian tubuh

Tidak mandi dapat memastikan kotoran, keringat, dan sel-sel kulit mati menumpuk di tubuh Anda. Di situ pula dapat timbul jerawat pada bagian-bagian tubuh, biasanya muncul di punggung. Namun, terkadang membentuk kerak seperti tanah yang padat dan bercak-bercak coklat pada area kulit tersebut.

Rambut sangat berminyak

Jika Anda tidak mandi, rambut biasanya terasa sangat berminyak. Dimulai dengan bermunculan jerawat pada area kulit kepala, kemudian rambut mulai berminyak. Rambut terlihat lembap, jika tidak mencucinya selama berhari-hari, maka sel-sel kulit akan kotor dan mati, lalu menumpuk sehingga membuat kulit kepala terasa gatal dan kering. Tak menutup kemungkinan kondisi ini juga memicu timbulnya ketombe.

Mengurangi tingkat kesuburan reproduksi

Malas untuk mandi tak hanya membuat kulit kusam dan terkena infeksi, tetapi juga membuat Anda kehilangan kesempatan untuk memperkuat kesuburan. Menurut penelitian, mandi dengan air dingin di waktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron bagi pria, serta hormon estrogen pada wanita.(fit)

Baca Juga  Berbagai Tips Agar Buka Puasa Bersama Agar Terasa Menyenangkan Ditengah Pandemi Covid-19
WhatsApp chat