Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Mengapa Keluhan Penyakit Mendadak Hilang Saat di Ruang Dokter?

Tak sedikit orang yang keluhan penyakitnya hilang atau jauh membaik saat ia sudah sampai di ruang tunggu dokter. Hal ini ternyata terkait dengan rasa kecemasan.

Memeriksakan diri ke dokter atau terapis untuk konseling ketika gejala-gejala yang dialami justru membaik memang bikin cemas. Kita pasti takut jika dokter tidak percaya atau tidak optimal memberi penanganan.

Pasien penyakit kronik atau yang sudah menahun juga merasa butuh untuk memperparah gejala yang mereka alami untuk memastikan mereka ditangani secara serius oleh petugas kesehatan. Fenomena ini didorong oleh rasa takut diabaikan.

Ia mengatakan, hal yang normal jika kita merasa keluhan tidak enak badan tiba-tiba hilang, sebagian ada yang justru memburuk, saat di ruang dokter. Kabar baiknya, kebanyakan dokter sudah memahami fenomena ini.

Faktor yang berpengaruh

Terkadang gejala-gejala fisik bisa timbul akibat tekanan atau stres. Ini bisa menjelaskan mengapa gejala atau keluhan bisa datang dan pergi.

“Komplikasi dari kondisi mental negatif sangat berpengaruh pada kondisi fisik, seperti halnya pikiran positif berpengaruh pada proses penyembuhan,” kata Glowiak.

Dengan kata lain, saat rasa stres menghilang, gejala yang kita alami seperti perut mual, pusing, atau jantung berdebar, akan hilang. Pada sebagian orang hal ini bisa terjadi di ruang dokter, lokasi di mana kita bisa merasa nyaman karena yakin akan mendapat pertolongan.

Faktor lain adalah kita berusaha meyakinkan diri bahwa kita “baik-baik saja” dibandingkan dengan pasien lain yang gejalanya lebih berat, sehingga keluhan fisik terasa reda.

Jika hal tersebut sering terjadi, lakukan pencatatan gejala-gejala, baik berupa foto, video, atau rekaman audio.

Untuk mendapat gambaran lebih lengkap tentang keluhan penyakit, catatlah kapan gejalanya muncul, berapa lama durasinya, apakah terkait dengan aktivitas lain (setelah olahraga, makan, atau kurang tidur misalnya), apakah ada polanya, dan sebagainya.

Jika kita merasa sudah menyampaikan secara jujur keluhan yang dirasakan tapi dokter belum bisa memberi penanganan dengan tepat, mungkin kita perlu mencari opini kedua ke dokter lain.

sumber: kompas.com

Baca Juga  Menurut Penelitian, Inilah Manfaat Yang Bisa Didapat Jika Anda Memiliki Tanaman Dalam Ruangan
WhatsApp chat