Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Mencerahkan Hingga Bebas Jerawat, Ini Manfaat Sereh Untuk Kulit Wajah

Sereh atau serai merupakan tanaman herbal yang telah lama digunakan dalam pengobatan hingga bumbu dapur di banyak budaya.

Lebih dari itu, tanaman yang punya aroma khas ini juga kerap digunakan untuk menjaga sekaligus merawat kecantikan kulit.

Manfaat tersebut tak lepas dari berbagai kandungan sereh yang memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, vitamin C hingga sejumlah kandungan lain yang bermanfaat untuk kulit wajah.

Namun sebelum menggunakan produk berbasis sereh, ada baiknya jika kita konsultasikan dulu ke dokter untuk melihat apakah herbal satu ini dapat memicu reaksi alergi atau tidak pada kulit kita.

1. Kulit terbebas dari jerawat

Sereh memiliki sejumlah kandungan seperti citral yang bersifat antiinflamasi dan antibakteri. Saat digunakan ke kulit, kandungan itu bisa membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan ruam di kulit.

Selain digunakan secara topikal, sereh juga dapat direbus bersamaan dengan air dan madu untuk dijadikan teh sereh yang bisa memberikan manfaat lebih sebagai antiinflamasi dan antibakteri di sistem pencernaan.

Baca Juga  Wajib Tahu, Ini Tiga Mitos Dunia Kerja Yang Dihadapi Fresh Graduate

2. Mengatasi jerawat

Tidak hanya mencegah, tetapi sereh juga bisa membantu meredakan jerawat yang meradang di kulit wajah. Manfaat itu bisa didapatkan karena sereh memiliki kandungan yang sifatnya antibakteri, sehingga bisa membantu mengurangi peradangan (jerawat) di wajah.

3. Mengurangi dampak paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari langsung bisa menyebabkan sensasi kemerahan, perih hingga seperti terasa terbakar. Sereh mengandung sejumlah senyawa yang bersifat antioksidan dan mencegah peradangan di wajah.

Terutama pada kasus iritasi kulit atau kemerahan akibat paparan sinar matahari. Penggunaan produk perawatan kulit berbasis sereh dapat membantu menenangkan serta mengurangi nyeri akibat peradangan di kulit dan mencegah kerusakan akibat sinar ultraviolet.

4. Mengecilkan pori-pori

Jenis tanaman herbal satu ini juga memiliki kandungan astringen alami. Artinya penggunaan produk berbasis sereh pada kulit bisa membantu membersihkan kulit secara menyeluruh hingga mengecilkan pori-pori di wajah.

Komponen astringen sangat efektif pada kulit berminyak dan sensitif serta membantu mengurangi munculnya minyak tanpa mengeringkan atau menghilangkan kelembapan alami kulit. Ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo membandel.

Baca Juga  Kenali 3 Metode Terapi Pasien Kanker Paru

5. Mencerahkan wajah

Penumpukkan sel kulit mati menyebabkan minyak berlebih yang kemudian memicu komedo di wajah, hingga membuat wajah tampak lebih kusam. Menggunakan sereh sebagai eksfoliator dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit jadi lebih bersih dan bercahaya.

Lebih dari itu, sereh juga mengandung vitamin C yang merupakan senyawa penting untuk mencerahkan kulit dan mengurangi noda gelap. Manfaat ini bisa kita dapatkan ketika sereh dibuat menjadi toner atau masker wajah secara rutin.

WhatsApp chat