Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Lima Makanan Wajib Dikonsumsi Untuk Mengembalikan Stamina Ketika Berpuasa

Berpuasa memang bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Meskipun begitu, terkadang kamu pun tentunya merasakan lemas setelah hampir seharian beraktivitas seperti biasa di bulan Ramadan.

Wajar saja mengingat untuk melakukan aktivitas seperti biasa, tubuhmu memerlukan energi yang tidak sedikit. Selama bulan puasa, tubuhmu menggunakan cadangan lemak untuk dijadikan sebagai energi.

Nah, tidak semua orang mempunyai lemak yang relatif banyak. Untuk menghindarkanmu dari rasa lemas saat berpuasa, kamu tentunya wajib menyantap makanan yang bisa mengembalikan stamina ketika berpuasa.

Berikut ini merupakan 5 makanan yang wajib kamu konsumsi untuk mengembalikan staminamu ketika berpuasa.

Madu
Makanan wajib pertama untuk mengembalikan staminamu saat berpuasa adalah madu. Madu sendiri dikenal sebagai salah satu makanan yang bermanfaat untuk menghasilkan energi.

Hal tersebut cukup beralasan mengingat madu memiliki kandungan karbohidrat yang memang menjadi sumber tenaga. Tidak hanya karbohidat saja yang merupakan kandungan di dalam madu.

Beberapa kandungan baik lainnya yang baik untuk tubuh di antaranya adalah vitamin B6, vitamin C, dan enzim. Beberapa kandungan tersebut sangat baik untuk dikonsumsi ketika berpuasa karena bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga  Cara Membedakan Benjolan Payudara Akibat Masalah Menyusui dan Kanker

Kurma
Memasuki bulan Ramadan, kurma menjadi salah satu makanan yang biasa disajikan untuk berbuka puasa. Hal tersebut sesuai dengan anjuran di mana kurma baik untuk dikonsumsi oleh orang yang berpuasa.

Selain menjadi buah yang disukai oleh Nabi Muhammad SAW, kurma memiliki manfaat yang baik untuk mengembalikan stamina ketika berpuasa. Kandungan dalam kurmalah yang menjadi penyebabnya.

Kandungan karbohidrat yang cukup banyak dalam buah kurma menjadikan buah ini baik untuk stamina. Tidak hanya itu, kandungan lainnya seperti protein, serat, dan berbagai vitamin pun ada di dalam buah kurma.

Pisang
Selain buah kurma, kamu bisa mengonsumsi buah pisang untuk mengembalikan stamina tubuh saat berpuasa. Pisang sendiri sudah cukup terkenal akan kandungan karbohidratnya yang tinggi.

Dengan kaya akan karbohidrat, tidak mengherankan jika pisang sering dijadikan sebagai alternatif makanan misalkan saja saat akan berolahraga dan berpuasa di bulan Ramadan seperti sekarang ini.

Selain bermanfaat untuk menjaga dan mengembalikan stamina ketika berpuasa, pisang pun mampu mengontrol gula darah dan menjaga kesehatan pencernaan orang yang sedang berpuasa karen kandungan kalium pada pisang.

Baca Juga  Viral Seorang Wanita Nanya Jatah Sembako Malah Dihajar RT

Kacang almon
Kacang almon menjadi makanan yang wajib dikonsumsi untuk mengembalikan stamina yang hilang ketika berpuasa. Kacang almon mengandung protein dan lemak yang relatif cukup tinggi.

Kandungan keduanya yang cukup tinggi akan membantu tubuh agar tetap berenergi saat berpuasa. Tidak hanya itu, jenis kacang ini mampu membantu dalam mengembalikan stamina tubuh.

Selain kandungan protein dan lemak yang tinggi, kacang almon pun mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan menurunkan risikomu terkena penyakit kanker.

Susu
Selama berpuasa, cobalah untuk sesering mungkin mengonsumsi susu. Pasalnya, susu memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh di bulan Ramadan.

Hal tersebut disebabkan oleh kandungan protein, lemak, dan kalsium tinggi yang terdapat dalam segelas susu. Salah satu jenis susu yang baik untuk dikonsumsi di bulan puasa ini adalah susu sapi.

Meskipun begitu, ada beberapa jenis susu lainnya yang bisa dijadikan alternatif dari susu sapi. Beberapa jenis susu tersebut antara lain susu kambing, susu almon, dan susu kedelai. Satu tips saat mengonsumsi susu adalah beri jeda dari menu utama saat berbuka.

Baca Juga  Naik Rp 7.000, Emas Batang Antam Hari Ini Dibanderol Rp 930.000/gram

WhatsApp chat