Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Enam Tips Keren Menyimpan Sayuran Agar Tidak Cepat Busuk, Wajib Coba Ya…

Sayuran menjadi bahan makanan yang menyehatkan untuk diolah. Sehingga, wajar saja jika banyak orang tua yang memasak sayuran sebagai teman makan sehari-hari.

Namun, dengan adanya physical distancing yang diterapkan oleh pemerintah, belanja sayuran haruslah dilakukan seminggu 2 hingga 3 kali. Hal ini guna menghindari terlalu sering berkumpul dengan banyak orang.

Oleh karena itu, sayuran yang dibeli pun haruslah bisa terjaga agar tetap awet dan segar. Untuk itulah, kamu membutuhkan tips menyimpan sayuran yang tepat untuk mendapatkan hasil optimal bagi sayuranmu.

Berikut beberapa tips menyimpan sayuran agar sayuran yang dibeli bisa tetap awet dan segar saat nanti dimasak.

Hindari Membeli Sayuran yang Tidak Segar
Tips menyimpan sayuran pertama adalah selektif dalam membeli sayuran. Hal ini agar kamu tidak membeli sayuran yang tidak segar. Pasalnya, sayuran tidak segar tentu akan cepat busuk walaupun disimpan di kulkas.

Salah satu yang bisa dilakukan untuk mengecek apakah sayuran yang akan kamu beli masih segar atau tidak adalah dengan melihat warna dari sayuran tersebut.

Sayuran yang segar memiliki warna yang tidak kusam dan terlihat nampak segar. Misalkan saja, sayuran daun-daunan memiliki warna hijau dan cerah. Perhatikan juga jika ada bercak putih. Hal tersebut bisa jadi merupakan sisa pestisida.

Pilih Sayuran yang Bisa Disimpan di Kulkas

Tak hanya menghindari sayuran yang tidak segar, kamu pun harus bisa memilih sayuran mana yang baiknya di simpan di dalam atau di luar kulkas. Tidak semua sayuran bisa awet disimpan di kulkas.

Baca Juga  Cara Menyetop Kebiasaan Minum Alkohol

Jika kamu memang ingin menyimpan hampir semua sayuranmu di kulkas agar tetap awet, maka dari itu hindarilah beberapa sayuran seperti daun kemangi dan bawang-bawangan seperti bawang merah dan bawang putih.

Kedua bahan dapur tersebut baiknya untuk di simpan di luar kulkas saja. Untuk daun kemangi, saat dimasukkan ke dalam kulkas justru akan jadi layu dan tidak segar. Sedangkan bawang-bawangan, bahan dapur ini menyerap kelembaban kulkas sehingga teksurnya nanti bisa lembek.

Cuci Sayuran Sebelum Dimasukkan ke Kulkas
Setelah mengetahui sayuran mana saja yang bisa dimasukkan ke kulkas, tips menyimpan sayuran selanjutnya adalah dengan mencuci sayuran tersebut sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Cucilah satu per satu sayuran yang telah dibeli. Kelompokkan juga sayuran hijau dan sayuran lainnya seperti wortel, lobak dan terong. Sedangkan, untuk sayuran yang mudah lembek, kamu hanya perlu mencuci 2 kali saja.

Alasan kenapa sayuran tersebut harus dicuci adalah untuk menghilangkan bakteri yang bisa mempercepat proses pembusakan pada sayuran yang telah kamu beli. Sehingga, nantinya sayuran tersebut akan tahan lebih lama.

Baca Juga  Pentingnya Beriklan di Billboard Bagi Kalangan Marketers

Jangan Memotong Sayuran Sebelum Dimasukkan ke Kulkas
Tips menyimpan sayuran agar tetap awet dan segar adalah untuk tidak memotong sayuran sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Pasalnya, sayuran yang sudah dipotong justru lebih mudah kering dan busuk.

Tentu, kamu tidak ingin jika sayuran yang susah-susah kamu beli untuk jangka waktu yang lama malah akhirnya jadi lebih mudah kering dan membusuk.

Jadi, sehabis kamu mencuci sayurannya, usahakanlah untuk menyimpannya di dalam kulkas tanpa perlu dipotong terlebih dahulu. Dengan kata lain, pertahankanlah bentuk dari sayuran yang sudah kamu beli tersebut.

Lapisi Sayuran dengan Kertas
Agar tidak cepat membusuk, tips menyimpan sayuran selanjutnya adalah melapisi sayuran dengan menggunakan kertas. Sayuran sendiri termasuk bahan makanan yang cepat membusuk.

Dengan dilapisi dengan menggunakan kertas, maka sayur tersebut bisa lebih awet lagi. Kertas sendiri diyakini dapat mencegah suhu lembab dari kulkas untuk masuk ke dalam sayurannya.

Jika kamu tidak ada ataupun tidak terlalu senang menggunakan kertas, kamu pun bisa menggunakan tisu dapur ataupun plastik yang sudah dilubangi agar sayurannya mendapatkan udara.

Baca Juga  SEMUA HAL YANG HARUS KAMU TAHU TENTANG ZODIAK LIBRA

Cek Suhu Kulkas
Setelah beberapa tips menyimpan sayuran sudah kamu lakukan, tips menyimpan sayuran berikutnya adalah mengecek suhu kulkas. Pastikan bahwa suhu kulkasnya sudah sesuai untuk menyimpan sayuran.

Suhu yang disarankan agar bisa membuat sayuran lebih awet dan segar adalah di antara 1 hingga 4 derajat Celcius. Jika lebih dari suhu tersebut, bakal muncul bakteri yang bisa memengaruhi rasa dan aroma makanan.

Sedangkan jika lebih rendah dari suhu tersebut, sayuran yang disimpan justru akan membeku. Sehingga, usahakanlah untuk mengatur suhu kulkas yang tepat untuk sayuran nantinya.

WhatsApp chat