Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Cara Bangun Brand anda dengan Kuat

Cara Bangun Brand anda dengan Kuat

Brand alias merek menjadi salah satu patokan ketika seseorang ingin membeli produk, baik makanan dan minuman, pakaian, atau lainnya. Brand bisa dibilang jadi penentu kelas sebuah produk di pasaran. Namun, banyak pelaku usaha, tanpa kecuali UMKM tidak mampu membuat serta membangun brand jadi terkenal. 
Lalu, apa yang harus diperhatikan saat membangun brand? membuat dan membangun brand memang menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha. Tantangan lainnya adalah terus berinovasi mengembangkan bisnis supaya lebih maju dan besar. 

Pelaku usaha perlu mengetahui betul beberapa hal ketika hendak membuat brand produknya sehingga tidak sia-sia nantinya. Kita selalu berpikir brand itu adalah pesan, semakin kecil sebuah perusahaan maka semakin mudah pula membangun brand. Sebab, jika skala dan target pasar sudah ditentukan akan lebih bagus. Tapi sebenarnya, membangun brand justru dalam skala kecil (lebih bagus). Semakin kecil perusahaannya, semakin mudah brand-nya dibangun. 
Ada banyak cara merancang sebuah brand secara umum yang dipahmi orang kebanyakan. Ada beberap poin yang harus diperhatikan ketika membuat dan membangun brand. Mulai dari latar belakang hingga nilai emosional. “Pertama harus kenal dulu. Kalau kita membayangkan brand, kita membayangkan brand itu harus terkenal di mana-mana, padahal enggak perlu. Brand bagus itu cukup dikenal di kalangannya atau target market yang dibangun,” sebutnya. Dia menuturkan, brand yang dibangun harus memiliki rasa emosional yang tersirat dalam brand, apakah latar belakang pembuatan produk atau fungsinya.

Setelah tahap kenal dan tahap rasa, selajutnya harus menyentuh nilai ‘cinta’. Hal semacam ini harus saling bertautan dalam brand. Akan tetapi, sangat jarang brand lokal memiliki kriteria ini secara lengkap, sehingga sulit dikenal dan bersaing. Banyak sekali dari brand-brand lokal, dari sisi bisnis masih di tahap kenal, enggak mau naik kelas (tahap cinta). Maka perbedaan bisnis dengan brand adalah bagaimana brand ini bisa membangun sebuah perbedaan produk.

Baca Juga  Tips Bergaya Simpel dan Elegan Untuk Wanita

SA/Arg~

WhatsApp chat