Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Enam Tips Bagi Orang Tua Untuk Mendisiplinkan Anak

Anak adalah titipan Tuhan yang harus selalu dijaga. Oleh karena itu, orang tua memiliki kewajiban untuk mendidiknya agar selamat dunia akhirat.

Meskipun begitu, mendisiplinkan anak supaya bisa menuruti perkataan orang tua bukanlah hal yang mudah. Orang tua harus sabar dan memahami mereka agar pesan yang disampaikan bisa dimengerti oleh sang buah hati. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendisiplinkan mereka.

1. Berikan Contoh Sejak Dini
Hal pertama yang anak pelajari dari orang tua bukanlah nasihat melainkan perilaku. Anak-anak memiliki daya serap yang tinggi dan oleh sebab itu, apa yang orang tua lakukan di hadapan mereka akan mereka ikuti.

Maka dari itu, sebelum menasihati mereka agar disiplin, orang tua harus bisa memberikan contoh yang bisa mereka ikuti. Jika mereka berbuat kesalahan dan hal itu tidak dicontohkan di dalam rumah, kamu bisa memiliki argument yang kuat saat menasihati.

2. Buat Batasan yang Jelas
Si kecil memang senang melakukan banyak hal karena rasa penasaran mereka yang masih besar. Akan tetapi, membiarkan mereka berbuat sesuka hati dan selalu menuruti keinginan mereka bukanlah hal yang bisa terus dilakukan.

Baca Juga  Ucapan Selamat Tahun Baru 2023 yang Bisa Kamu Gunakan

Di sinilah batasan atau aturan berperan penting dalam mendisiplinkan anak. Dengan batasan mereka bisa belajar mana yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan. Ini juga memberikan mereka rasa tanggung jawab lebih terhadap sesuatu.

Dalam memberikan aturan, ada baiknya jika disesuaikan dengan usia setiap anak. Jelaskan aturan tersebut dengan bahasa yang mereka mengerti. Usia balita, remaja, dan remaja-dewasa tentunya memiliki bahasa yang berbeda.

3. Berikan Konsekuensi atas Kesalahan Mereka
Aturan tidaklah lengkap tanpa konsekuensi. Jika melanggar aturan yang telah dibuat namun mereka tidak menerima konsekuensi atas tindakan yang mereka buat, ini akan menjadikan mereka abai terhadap aturan.

Buatlah hukuman atas setiap pelanggaran aturan yang mereka lakukan. Jelaskan pada mereka bahwa setiap kali mereka melampaui batas, mereka tidak akan lepas begitu saja.

4. Dengarkan Apa yang Mereka Katakan
Beberapa orang tua terkadang khilaf bahwa, meskipun berbuat salah, anak pun adalah manusia. Mereka mempunyai kebutuhan untuk didengarkan. Mereka memiliki hak untuk menjelaskan.

Jangan langsung beranjak pada hukuman setiap kali berbuat salah. Jika sudah cukup usia untuk berbicara dan bercerita, minta mereka untuk menjelaskan apa yang terjadi. Dengan demikian, anak akan merasa aman dan terbuka terhadap orang tua.

Baca Juga  Kenapa Tuan Rumah Piala Dunia di Qatar?

Rasa percaya ini penting untuk ditumbuhkan. Mereka akan lebih patuh dan disiplin jika mereka memercayai orang tua mereka dan tahu bahwa mereka punya hak untuk didengar.

5. Apresiasi Kebaikan Anak
Mendisiplinkan anak bukan hanya saat mereka berbuat salah saja. Kamu juga perlu memuji mereka saat berbuat baik atau menurut. Hal ini akan membuat mereka merasa dihargai atas kebaikan yang mereka kerjakan.

Jika kamu hanya menggarisbawahi kesalahan mereka saja, anak bisa turun mentalnya dan berpikir bahwa orang tua mereka tidak menghargai mereka. Memberi pujian saat menurut dan konsekuensi saat melakukan kesalahan sejak dini juga bisa membantuk anak membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

6. Jangan Merespon Setiap Saat
Terkadang, mendisiplinkan anak tidak harus dengan aksi. Ada saatnya di mana kamu harus diam dan membiarkan mereka merasakan sendiri akibat dari apa yang mereka kerjakan.

Misalnya, jika mereka selalu merusak mainannya, jangan marahi atau malah membelikan mainan baru. Biarkan mainan itu rusak sehingga mereka tidak memiliki mainan lagi untuk dimainkan.

Baca Juga  5 Tips Memilih Makanan Berlemak yang Baik untuk Kesehatan

WhatsApp chat