Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Empat Cara Tampil Keren Maksimal Saat ke Kantor

Tak dapat dipungkiri, tampil menarik dengan busana profesional bisa menyokong rasa percaya diri seseorang untuk menjemput kesuksesan. Sudah sejak lama banyak orang mencari cara tampil keren untuk mendongkrak keberhasilan di dunia kerja. Ini juga berkaitan erat dengan tuntutan pekerjaan pada profesi tertentu untuk selalu memiliki penampilan rapi.

Berpakaian Rapi adalah Kunci Membangun Citra Baik

Berpakaian rapi dan tetap tampil keren di kantor memang merupakan hal penting. Ada pendapat yang mengatakan “Dress for the job you want, not for the job you have”. Sementara yang lainnya berpendapat, “Dress how you want to be addressed,” seolah mempertegas betapa citra seseorang sangat ditentukan oleh kekuatan dari penampilannya. Faktanya, hal ini memang tak terelakkan mengingat orang lain akan menilai Anda dari penampilan luar yang tampak.

Memang benar bahwa pakaian kerja yang dikenakan seseorang tak hanya merupakan formalitas belaka. Nyatanya, gaya berpakaian Anda merupakan salah satu bentuk komunikasi alam bawah sadar yang mengandung ekspresi dan pernyataan diri Anda. Dengan kata lain, disengaja atau tidak, berbusana merupakan salah satu cara manusia mengaktualisasikan dirinya baik secara personal maupun profesional.

Cara Tampil Keren dengan Nyaman dan Hemat

Cara tampil keren tak hanya melulu soal kesesuaian dan penampilan saja. Kenyamanan dalam berbusana juga diperlukan agar seseorang bisa tampil percaya diri hingga akhirnya sukses dalam segala sesuatu yang dikerjakannya.

Baca Juga  6 Lokasi Seni Jalanan Keren di Selangor

Terutama jika menyangkut dunia kerja. Meski begitu, bukan berarti Anda harus menyiapkan uang dalam jumlah besar dan menghabiskan isi rekening demi investasi dalam balutan busana formal idaman Anda. Sebaliknya, jadilah cerdas dan bijak dalam mengatur uang untuk budget busana kerja.

Terlepas dari apakah Anda seorang fresh graduate atau first jobber yang belum lama terjun ke dunia profesional, atau yang sudah berkecimpung dalam industri kerja, artikel ini akan membahas mengenai cara tampil keren di kantor tanpa harus menguras kantong secara berlebihan setiap bulannya. Apa saja poin pentingnya? Simak uraiannya sebagai berikut.

Jual Baju yang Tidak Terpakai

Seringkali kita mesti membuang hal-hal lama agar tercipta ruang untuk datangnya hal-hal baru. Merujuk gagasan ini, hal penting pertama yang perlu dilakukan adalah melenyapkan baju-baju Anda yang sudah tak terpakai. Daripada dibiarkan menumpuk, jual atau sumbangkan outfit lama Anda dengan memasang iklan di Carousell atau website sejenisnya. Selain sebagai salah satu cara tampil keren, Jika membersihkan lemari Anda juga sekaligus bisa menambah pundi-pundi keuangan saat ini, mengapa tidak?

Baca Juga  Jangan Diremehkan, Ini Pentingnya Deteksi Dini Kanker pada Payudara

Uang yang dihasilkan bisa digunakan untuk membeli busana profesional idaman Anda yang dibutuhkan saat ini, khususnya jika Anda bekerja di lingkungan yang menuntut Anda untuk tampil lebih formal.

Cara ini juga bisa membuat Anda lebih hemat lagi karena biasanya jika Anda merupakan seorang first jobber, gaji pertama yang belum cukup memadai kerap digunakan untuk memenuhi kebutuhan busana kerja. Mengingat outfit yang digunakan tentu berbeda dengan busana semasa kuliah dahulu. Sehingga uang yang Anda dapatkan tak terbuang percuma namun penampilan tetap keren.

Beli Bertahap

Cara tampil keren yang kedua adalah Anda juga bisa membeli busana formal secara bertahap dan lakukan sejumlah penyesuaian dalam menentukan prioritasnya. Dengan begini, penghematan masih bisa dilakukan. Contohnya, jika Anda sering menghadiri meeting dan bertemu dengan banyak klien, Anda bisa lebih mendahulukan baju ‘luaran’ terlebih dahulu seperti blazer.

Anda juga bisa mengganti tas ransel dengan model tas yang lebih rapi dan formal seperti tote bag di bulan berikutnya. Belilah satu hingga dua item per bulannya agar keuangan Anda tak habis terkuras.

Baca Juga  Penderita Maag Wajib Menghindari 3 Kebiasaan ini

Prioritaskan Pakaian Luar

Cara tampil keren yang ketiga. Utamakan beberapa pakaian luar seperti jas, blazer dan vest. Akan lebih baik jika Anda prioritaskan barang-barang tersebut ketimbang celana dan atau kemeja formal yang mahal. Baju luaran akan lebih efektif dan efisien mengingat lebih sering dikenakan ketimbang kemeja.

Selain itu, luaran yang berbeda-beda bisa dijadikan kamuflase untuk menutupi jas kerja Anda yang belum terlalu banyak. Kuncinya adalah memadukan semuanya dengan kreatif dan semanis mungkin. Dengan demikian, Anda tetap bisa tampil rapi dan gaya di tempat kerja.

Utamakan Kualitas, Bukan Kuantitas

Cara tampil keren yang keempat, meski harga murah terasa menggiurkan, namun alangkah baiknya jika Anda tetap mengutamakan kualitas dan bukan kuantitas. Alih-alih membeli busana yang murah namun berkualitas rendah, Anda bisa memilih untuk memiliki beberapa baju dengan harga premium yang berkualitas tinggi. Frekuensinya bisa dalam beberapa bulan sekali saja agar terhindar dari pemborosan. Hal ini lebih baik ketimbang memiliki sejumlah pakaian lebih banyak namun tidak tahan lama. (dev)

WhatsApp chat