Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Empat cara sederhana yang bisa diterapkan untuk menghentikan kebiasaan berhutang

Empat cara sederhana yang bisa diterapkan untuk menghentikan kebiasaan berhutang

Berhutang untuk memenuhi berbagai keperluan yang tidak terlalu penting akan sangat mengganggu keuangan keluarga.

Sebab, dengan berhutang Anda diwajibkan untuk membayar beban pokok setiap bulan ditambah dengan bunga. Saat ini terjadi masalah kesehatan seperti depresi, stres, dan tekanan psikologis bisa muncul karena beban hutang yang menumpuk.

Hal di atas tentu saja dihindari dan tidak ingin dirasakan oleh banyak orang, oleh sebab itu Anda perlu keluar dari kebiasaan berhutang yang saat ini sudah menjadi kebiasaan.

Bagaimana caranya?

Kami memiliki 4 cara sederhana yang bisa diterapkan untuk menghentikan kebiasaan berhutang. Berikut ini penjelasannya lebih lanjut untuk Anda semua.

4 Cara Sederhana Menghentikan Kebiasaan Berhutang

1. Buat Daftar Penghasilan dan Beban Setiap Bulan
Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk menghentikan kebiasaan berhutang adalah dengan membuat sebuah daftar penghasilan dan beban yang terjadi setiap bulannya.

Catat semua beban yang Anda keluarkan setiap bulannya seperti, membeli bahan makanan, transportasi, tempat tinggal, utilitas, biaya hiburan, dan lain sebagainya.

Baca Juga  Jaga Kesehatan Jantung setelah Usia 50 Tahun, Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Hal yang harus dipastikan disini adalah jumlah pengeluaran yang Anda miliki harus lebih rendah dari penghasilan yang didapatkan setiap bulan.

Memiliki penghasilan yang lebih besar dari jumlah pengeluaran merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi agar terbebas dari jeratan hutang.

2. Buat Sebuah Anggaran Setiap Bulan
Jika Anda sudah mengetahui berapa penghasilan dan pengeluaran yang dimiliki setiap bulan, maka langkah selanjutnya adalah membuat anggaran.

Anggaran yang dibuat menjadi alat untuk mengontrol pengeluaran setiap bulan dan membantu Anda melacak aliran uang keluar.

Saat masalah terdapat pada pengeluaran, maka Anda bisa mulai memperbaikan kebiasaan berbelanja dan belajar untuk berhemat di kemudian hari.

Jika Anda sudah membatasi pengeluaran dan masih terdapat masalah, artinya Anda perlu meningkatkan jumlah penghasilan yang didapatkan setiap bulan.

Anda bisa memulai bisnis sampingan atau mengambil jam lembur untuk menambah jumlah penghasilan yang didapatkan setiap bulannya.

3. Mulai Menghentikan Kebiasaan Belanja yang Berlebihan
Banyak hutang yang dimiliki masyarakat, karena mereka tidak mampu mengelola pengeluaran yang didapatkan setiap bulannya.
Penggunaan kartu kredit menjadi pemicu yang membuat semakin mudah masyarakat untuk berhutang saat belanja. Mulai saat ini segera tinggalkan kartu kredit yang dimiliki di rumah.

Baca Juga  Tutup Usia Pada 49 Tahun, Ini Pemeran Power Ranger Hijau Jason David Frank

Anda bisa berbelanja dengan menggunakan uang tunai atau menggunakan kartu debit untuk membatasi jumlah pengeluaran yang berlebihan.

4. Simpan Dana Untuk Kebutuhan Darurat
Hal yang seringkali tidak disadari oleh masyarakat adalah banyak dari mereka yang mengandalkan hutang dan kartu kredit untuk memenuhi berbagai pengeluaran yang tidak terduga.

Padahal, jika memiliki dana darurat, Anda tidak perlu lagi berhutang untuk memenuhi berbagai kebutuhan darurat yang muncul.

Jumlah dana darurat yang ideal adalah sebesar 6 kali biaya hidup yang Anda keluarkan setiap bulannya.

WhatsApp chat