Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Dibuka Hari Ini!!! Begini Alur Pendaftaran SBMPTN

Dibuka Hari Ini!!! Begini Alur Pendaftaran SBMPTN

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan jadwal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pendaftarannya dimulai hari ini Selasa (2/6). Masa pendaftaran akan dibuka lebih kurang 18 hari sampai 20 Juni 2020 mendatang.

Dibukanya pendaftaran juga menunjukkan bahwa UTBK 2020 akan tetap berjalan di tengah pandemik COVID-19 meskipun jadwalnya sempat mengalami perubahan.

1. Alur pendaftaran UTBK-SBMPTN

Ada pun alur pendaftaran SBMPTN dilansir dari laman ltmpt.ac.id adalah sebagai berikut:

1. Siswa diminta log in ke ke website https://portal.ltmpt.ac.id dengan menggunakan akun LTMPT yang sudah dimiliki sebelumnya
2. Siswa akan memilih menu pembayaran UTBK sesuai dengan kebutuhan
3. Siswa akan mengisi informasi apakah akan mendaftar melalui skema KIP kuliah?
4. Siswa akan diminta melengkapi biodata, mengisi kebutuhan khusus (jika diperlukan), dan menyimpan biodata secara permanen.
5. Siswa memilih program studi dan mengunggah (portofolio jika diperlukan)
6. siswa diminta untuk menyimpan permanen pendaftaran dan mencetak Kartu Tanda Peserta

Baca Juga  Lakukan 5 Perubahan Gaya Hidup Ini Agar Cepat Kaya di 2021

Tahapan pembayaran di alur pendaftaran menyesuaikan dengan cara cara pembayaran yang dipilih oleh siswa. Bisa dengan menggunakan KIP Kuliah, bisa pula tidak.

2. Perbedaan dengan tahun sebelumnya

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020 diselenggarakan dalam waktu bersamaan. Dilansir dari laman resmi LTMPT, peserta akan dikenakan biaya UTBK-SBMPTN 2020 sebesar Rp150.000.

“Perubahan pada UTBK hanya ada Tes Potensi Skolastik (TPS). Akan disesuaikan faktor pembobotan sub-tes berdasarkan program studi yang diambil. Baik itu mengambil Prodi IPA atau IPS,” kata Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo seperti dikutip dari Antara, Selasa (26/5).

3. Soal akan disederhanakan

Dilansir dari Antara, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih menyebutkan UTBK akan diselenggarakan di 74 UTBK Perguruan Tinggi Negeri yang tersebar di tanah air. UTBK direncanakan akan diselenggarakan pada 5 Juli hingga 12 Juli 2020 mendatang.

Sedangkan pengumuman UTBK di rencanakan akan dilakukan pada 25 Juli 2020. Materi tes UTBK 2020 akan disederhanakan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga  Goodbye Flash Player. Windows Insider Terbaru menghilangkan Flash Player di Control Panelnya.

“Pelaksanaan UTBK menerapkan protokol kesehatan pencegahan pandemik COVID-19,” kata Nasih seperti dikutip dari Antara pada Selasa (26/5).

WhatsApp chat