Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Diawali Penemuan Tragis, Kini Radio Menjadi Teman Masyarakat

Diawali Penemuan Tragis, Kini Radio Menjadi Teman Masyarakat

Gelombang radio ditransmisikan melalui data AM maupun FM, penggunaan radio sendiri mulai dikenal para kalangan pekerja saat kapal besar Titanic menggunakan teknologi tersebut untuk menghubungi operator dalam kapal, operator kapal terdekat, dan dengan operator di pelabuhan.

Untuk stasiun radio FM pertama didunia pada 1940 didirikan oleh Howard Armstrong, ia mendirikannya dengan biayanya pribadi, 2 tahun kemudin Federal Comunication Comission mengalokasikan beberapa frekuensi untuk stasiun radio FM milik Armstrong, perlu waktu lama bagi stasiun radio FM untuk menjadi sistem yang digunakan secara luas, selain itu hak paten juga tidak kunjung turun kepada Armstrong. Frustasi akan segala kesulitan dalam memperjuangkan sistem FM, Armstrong mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Barulah kemudian sang istri yang meneruskan perjuangan hak-hak Arsmtrong atas penemuannya.

Diawali Penemuan Tragis, Kini Radio Menjadi Teman Masyarakat

Pada era akhir 1960an FM menjadi sistem yang benar² mapan, hampir 2000 stasiun radio FM tersebar luas di Amerika. Sampai akhirnya FM dengan kemampuannya mengirim dan menerima sinyal jarak jauh diakui sebagai sistem yang mampu mengubah dunia.

Baca Juga  Jadi Tersangka Prostitusi, Cassandra Angelie Dulunya Pemalu

BAGAIMANA KEBERADAAN RADIO DI INDONESIA?
Dizaman kemerdekaan radio berperan penting dan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Orang-orang yang berkecimpung didunia komunikasi berorganisasi membuat stasiun radio demi bangsa Indonesia. Pada 19 September 1945 seluruh pemimpin stasiun radio sepakat untuk mendirikan radio siaran bernama Radio Republik Indonesia (RRI). Awal berdirinya RRI hanya memiliki 8 stasiun radio siaran yang tersebar di 8 kota di pulau jawa.

Diawali Penemuan Tragis, Kini Radio Menjadi Teman Masyarakat

Namun sepertinya dijaman sekarang ini radio sedang mengalami tantangan yang luar biasa. Radio harus bersaing dengan Internet yang keberadaannya sudah berbaur dengan masyarakat disegala penjuru, pengguna internetpun semakin lama semakin meningkat pesat seiring berjalannya waktu. Apakah radio kalah saing dengan internet? mungkin untuk saat ini jawabannya iya. Tak hanya itu sejak internet belum merajalela seperti sekarang, radio harus bersaing pula dengan tv. Artinya radio yang pada dasarnya adalah media informasi dan hiburan berbentuk audio mungkin kalah saing dengan media informasi berbentuk audiovisual, jika diradio orang-orang hanya bisa mendengarkan lain halnya dengan internet yang sambil dengerin kita masih bisa multitasking seperti mengerjakan tugas online, chatting, instastory, dll. Di smartphone pun lagu sudah menjadi kewajiban bagi para penggunannya, hanya segelintir masyarakat yang menggunakan radio sebagai referensi musik dan sarana informatif, kebanyakan mereka akan memilih Joox, Spotify, ITunes, dan sejenisnya. Padahal dalam pemutaran musik dan informasi yang diberikan, menurut saya radio tidak kalah bagus soal kualitasnya. Jadi, jika radio tidak segera berbenah mungkin nasib radio akan semakin jauh tertinggal di masa-masa mendatang.

Baca Juga  Gara-Gara Ayam Berkokok 200 Kali Sehari, Pasangan Ini dituntut Tetangga

RADIO SEKARANG VS RADIO TERDAHULU
Jika jaman dulu di radio putar musik sesuka hati music director, mau ngomong berapa lama suka-suka nya penyiar, topik yang dibahas dalam satu hari pun itu sesuka kru radio terkait. Beda halnya dengan radio jaman sekarang, sekarang radio harus lebih aktif kepada pendengarnya perihal keinginan dan kemauan para pendengar untuk tema yang akan dijalankan, dan juga radio sekarang harus lebih peka kepada pendengar lebih suka dengerin musik atau pembicaraan sang penyiar. Intinya adalah radio sekarang harus berkaca pada kebutuhan pendengar.

Diawali Penemuan Tragis, Kini Radio Menjadi Teman Masyarakat

KEUNGGULAN RADIO DIBANDING PLATFORM LAIN?
Radio memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh music stream. Radio lebih aktual, personal, serta lebih dekat dengan para pendengarnya, pernah gak sih kalian saking seru obrolan penyiar-penyiarnya seolah olah kalian ikut dalam obrolan tersebut? nahh itulah kelebihan radio, mereka lebih akrab dengan pendengarnya. Dan juga radio lebih aktual jika ada suatu kejadian di tempat tertentu mungkin radio di daerah tersebutlah yang menjadi media pertama menginformasikan kepada masyarakat. Namun apakah platform music stream seperti Joox, Spotify, ITunes, dll. itu adalah pesaing berat radio? jawabannya mungkin tidak, karena semua platform punya fungsi mereka masing-masing, jika di Joox orang² bisa bikin playlist mereka sendiri maka diradio tidak, jika diradio orang² bisa lebih enjoy mendengarkan obrolan, musik, serta informasi yang aktual maka hal tersebut tidak bisa didapatkan di platform music stream.

Baca Juga  Studi: Aktivitas Merokok di Kalangan Perokok Tumbuh Di Tengah Pandemi COVID-19


WhatsApp chat