Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Coba Tips Ini Jika Kamu Butuh Pekerjaan Sampingan Di Luar Jam Kantor

Coba Tips Ini Jika Kamu Butuh Pekerjaan Sampingan Di Luar Jam Kantor

Frasa 8-to-5 mungkin sudah sering kamu dengar. Ya, frasa ini mengacu kepada jam kerja “khas” kantoran, yaitu jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

Namun, ada juga beberapa kantor yang menerapkan jam kerja yang lain. Mungkin sebagian dari kalian harus masuk kerja lebih awal, atau pulang lebih larut. Ya, mungkin seperti peribahasa “Lain ladang, lain belalang. Lain lubuk, lain ikannya.” Hal yang sama juga berlaku di ranah profesional. Lain kantor, lain jam pulang.

Terlepas dari jam kantor yang panjang dan beban kerja yang tinggi, kamu mungkin merasa gajimu saat ini masih kurang. Situasi ini memang bisa diakali dengan perubahan gaya hidup dan berbagai tips finansial di internet. Namun, kenaikan harga kebutuhan pokok pun tidak bisa dihindari. Badan Pusat Statistik, misalnya, menunjukkan kenaikan harga beras yang signifikan dalam 10 tahun terakhir. Belum lagi harga-harga yang meroket menjelang hari libur. Dilansir dari CNBC Indonesia, harga bahan pokok menjelang Tahun Baru naik dari 0,1 hingga 20,5 persen! Duh! Pusing!

Solusi lain yang bisa kamu ikuti untuk situasi ini adalah usaha sampingan. Usaha atau pekerjaan seperti ini bisa memberikan pendapatan tambahan untuk melengkapi gaji utamamu. Selain itu, kamu juga bisa dapat pengalaman baru. Ya, hitung-hitung melengkapi portofolio atau CV kamu! Namun, dengan jadwal kantor yang mungkin padat, waktu yang pas untuk menjalankan usaha ini adalah di luar jam kerja.

Baca Juga  Sejarah 5 Februari: Penemuan Plastik Sintetis Pertama di Dunia

Nah, buat kamu yang ingin mencoba usaha sampingan di luar jam kantor, beberapa ini bukanlah bisnis atau pekerjaan yang menuntut persyaratan tinggi.  Penasaran? Check these out!

1. Buka Jasa Titip
Everyone deserves a great vacation. Saat jadwal liburan atau cuti datang, jangan sia-siakan kesempatan yang ada. Kemas kopermu, pesan hotel dan tiket pesawat, dan nikmati me-time buat menyegarkan tubuh dan pikiran! Saat berlibur, tentunya kamu nggak mau diganggu oleh pekerjaan agar bisa menikmati liburan secara maksimal. Meskipun demikian, tidak berarti kamu harus melewatkan kesempatan untuk berbisnis saat berada di destinasi wisata.

Tips usaha sampingan di luar jam kerja yang bisa kamu coba saat berlibur adalah jasa titip. Nah, kamu pasti sudah nggak asing dengan bisnis yang satu ini. Berbagai macam barang bisa di-“jastip”-kan, dari makanan sampai merchandise. Beberapa produk hanya bisa didapatkan dari luar negeri. Kalau pun tersedia di Indonesia, harganya biasanya jauh lebih mahal. Nah, jasa titip ini membantu kamu mendapatkan produk luar negeri yang unik, dengan harga yang mungkin lebih terjangkau.

Baca Juga  6 Jenis Pakaian Fashionable yang Wajib Dimiliki

Meskipun judulnya “titip”, jasa ini ternyata menghasilkan pendapatan, lho! Dilansir dari Warta Ekonomi, pelaku usaha jasa titip bisa mendapatkan keuntungan per barang. Bahkan, untuk produk dari luar negeri, keuntungannya bisa mencapai 20%, lho! Nah, kalau kamu tertarik membuka jasa titip, pastikan kamu mengikuti aturan pajak, ya! Nilai total barang yang dibeli dibatasi hingga 500 dolar AS. Kalau lebih, selisihnya akan dikenai pajak. So, bear this in mind, ya!

2. Jadi Guru Les
Setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, kamu juga pasti punya satu bidang atau keahlian yang lebih dikuasai. Sayangnya, terkadang keahlian ini “terbengkalai” setelah kamu bekerja, terutama di bidang yang berbeda. Nah, daripada skill kamu nganggur, kamu bisa membagikannya kepada orang lain. What’s better, kamu juga bisa dapat uang dengan mengajarkan keahlian itu, lho!

Menjadi guru les adalah tips usaha sampingan berikutnya yang bisa dilakukan di luar jam kerja. Sebetulnya, untuk usaha ini diperlukan kemampuan untuk menyeimbangkan jadwal pribadimu. Kamu bisa bergabung dengan institusi pendidikan nonformal, atau melakukan promosi sendiri. Jago main gitar? Coba jadi guru les gitar! Good at English? Jadi guru les privat bahasa Inggris, seperti Kim Ki-woo di film Parasite. Oh, ya! Pastikan kamu menetapkan rate sesuai keahlian dan pengalamanmu, ya. Satu juta per delapan pertemuan. Is it okay with you?

Baca Juga  Trending No. 1 Lagu Kekeyi Aku Bukan Boneka di Take Down YouTube, Ada Apa?

3. Daftar Akun Freelancer
Untuk kalian dengan beban kerja yang relatif lebih ringan, tips yang satu ini bisa dicoba. Usaha sampingan tidak hanya terpaku pada pekerjaan yang dilakukan secara langsung di dunia nyata. Lewat internet, kamu juga bisa menghasilkan uang, lho! Kamu bisa membuat akun di beberapa situs freelancing untuk mencari pekerjaan. Duh, hari gini masa internet cuma dipakai buat main media sosial aja?

Ada beberapa situs yang bisa kamu kunjungi untuk membuat akun dan mencari pekerjaan freelance. Situs-situs seperti Upwork, 99Designs, dan Simply Hired bisa jadi stepping stone pertamamu. Bahkan, dilansir dari Hostinger, situs Upwork memberimu kesempatan untuk bekerja dengan klien-klien besar, seperti Airbnb dan Microsoft. Wih! Mantap betul! Yang lebih seru lagi, sebagian besar pekerjaan bersifat remote. 

WhatsApp chat