Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Bersiap, Tahun 2020 akan Menjadi Tahun Emas Ecommerce Indonesia

Tahun 2020 akan Menjadi Tahun Emas Ecommerce Indonesia

Perkembangan bisnis #ecommerce di tanah air saat ini tumbuh dengan sangat luar biasa. Ini karena Indonesia sendiri adalah negara yang memiliki potensi perkembangan ecommerce yang sangat luar biasa.

Banyak analis dan pengamat yang menyebutkan bahwa Indonesia merupakan pasar yang begitu besar untuk menjadi habitat yang bagus pada perkembangan ecommerce.

Secara umum, banyak kalangan menyebut dengan jumlah penduduk yang demikian besar, tentu peluang untuk mengembangkan bisnis ecommerce di tanah air sangat besar. Karena tentu penggunaan #internet akan semakin besar seiring pertumbuhan jumlah penduduk.

Nah, usia produktif ini lah yang memberikan sumbang sih sangat besar terhadap besarnya potensi pasar ecommerce yang ada di Indonesia. Artinya di Indonesia saat ini banyak sekali terdapat strong consumer. Maksudnya adalah pergeseran perspektif belanja saat ini sudah menjangkau pada sisi kualitas. Jadi sudah banyak orang Indonesia yang tak lagi mempersoalkan masalah harga selama kualitas sangat bagus. Dan tidak hanya kualitas saja, banyak konsumen juga rela mengeluarkan banyak uang mereka untuk menyalurkan hobi.

Baca Juga  Sering Memutar Tubuh Sampai Tulang Bunyi? Ini Dampak Buruknya nya lo!

Kedua alasan tersebutlah yang membuat Indonesia menjadi sebuah negara dengan potensi perkembangan ecommerce yang sangat luar biasa.

Menurut Kun Arief Cahyantoro, pengamat ecommerce dari Institut Teknologi Bandung, hanya ada lima negara yang pernah mengalami jumlah penduduk usia muda paling banyak.

“Negara terakhir yang pernah mengalami hal ini adalah Tiongkok. Itu lah kenapa ekonomi Tiongkok mengalami boosting,” jelas Kun.

Kun melanjutkan bahwa ledakan bonus demografi ini akan bisa dinikmati dalam interval tahun 2010 sampai 2030, setelah itu jumlah penduduk usia produktif akan sama dengan jumlah penduduk tidak produktif dan belum produktif. Dari sini bisa dikatakan bahwa tahun 2020 bisa jadi merupakan tahun emas bagi Indonesia pada bidang bisnis ecommerce.

Untuk itu Kun kemudian mengharapkan agar sebelum tahun 2020 datang, semua masalah terkait ecommerce dapat terselesaikan dengan baik. Karena saat ini ecommerce menyasar kaum muda, maka itu merupakan kesempatan sangat bagus untuk bisa menyelesaikan tantangan yang ada pada bisnis ecommerce karena anak muda tentu memiliki tenaga yang lebih untuk digunakan sebagai pendorong ekonomi tanah air. (nis)

Baca Juga  Terapkan 5 Langkah Ini Untuk Lindungi Bayi Anda Dari Infeksi Covid-19
WhatsApp chat