Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Begadang Nonton Drama Korea Bikin Imunitas Turun, Kok Bisa?

20+ Rekomendasi Drama Korea Terbaik dengan Rating Tinggi

Saat pandemi COVID-19, kita diimbau agar tidak keluar kecuali mendesak, sehingga segala aktivitas seperti bekerja dan belajar dilakukan di dalam rumah. Hal ini juga membuat banyak waktu senggang yang kemudian dimanfaatkan dengan bermain gawai, termasuk menonton serial drama Korea.

Merasa nyaman, kita sering lupa waktu saat menggunakan gawai, apalagi ketika menonton drama korea. Diakui banyak orang, serial asal Korea Selatan memang membuat penasaran dengan alur cerita yang menarik. Tapi, bahaya kecanduan bisa memicu pola tidur terganggu.

“Kalau tidak dibatasi, tidak ada pola harian yang tepat, misal mandi, makan, dan tidur jam berapa, maka terganggu pola tidur,” ujar Dokter spesialis kedokteran jiwa, dr. Zulvia Oktanida Syarif, Sp.KJ., dalam acara Hidup Sehat di tvOne, Senin, 13 April 2020.

Bagaimana tidak, seseorang bisa menghabiskan banyak waktu hingga larut malam untuk menyelesaikan satu serial dengan belasan episode dalam satu hari. Tidak hanya kecanduan, terlalu lama bermain gadget atau gawai juga dapat menimbulkan masalah kesehatan fisik.

Baca Juga  Sudah Tahu Cara Hilangkan 'Online' dan Membalas Tanpa 'Typing' di WA?

“Kalau tidur dan makan terganggu, imunitas turun. Apalagi ditambah cemas karena berita, dilanjut juga begadang drama Korea, imun turun,” lanjutnya.

Biar enggak makin parah dan menimbulkan bahaya baru saat di rumah, perlu dipahami, sebenarnya berapa lama kita boleh bermain gawai saat di rumah? Dikatakan dokter Zulvia, batas maksimal memakai gawai hanya 2 jam per hari.

“Batas maksimal 2 jam per hari, apapun gawainya mau laptop, hp, dan sebagainya. Itu pun bukan 2 jam non-setop tapi dijeda, misal 5 menit kasih jeda baru lanjut lagi,” jelasnya.

WhatsApp chat