Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Apa yang Akan Terjadi Jika Oksigen Hilang Selama 5 Detik?

Apa yang Akan Terjadi Jika Oksigen Hilang Selama 5 Detik

Manusia dapat menahan napas hingga lebih dari 30 detik, hilangnya oksigen selama 5 detik terlalu cepat untuk tubuh manusia menyadari jika kita kekurangan oksigen. Namun apa yang terjadi pada lingkungan sekitar kita? pada atmosfir?

Dilansir dari Scienceabc.com dibutuhkan waktu kurang dari lima detik untuk bumi menjadi sangat berbeda, karena selain manusia, oksigen juga dibutuhkan oleh objek sekeliling kita, mesin hingga bumi sendiri. Tanpa oksigen, bumi menjadi tempat paling berbahaya untuk ditinggali. Jadi, apa saja yg terjadi ketika oksigen menghilang?

1. Langit di seluruh dunia berubah menjadi gelap

Sebelum cahaya matahari sampai ke bumi mereka dipantulkan oleh oksigen yang berada di atmosfir, hal ini menyebabkan langit terlihat bewarna biru, pink, ungu hingga orange. Tanpa oksigen di atmosfir maka partikel yang memantulkan cahaya matahari berkurang menyebabkan langit bewarna gelap seperti luar angkasa.

2. Seluruh bangunan dan jalan akan runtuh

Tanpa oksigen tidak ada senyawa yang mampu membuat benda-benda untuk mempertahankan bentuknya, hal ini membuat beton yang menjadi bahan utama bangunan hingga aspal di jalan kehilangan kekuatannya sehingga secara langsung roboh menjadi butiran-butiran kecil bahkan benda berbahan metal menyatu hingga bengkok.

Baca Juga  Auto Sakit, Ini 5 Hero OP Mobile Legends Cocok Buat Push Rank 2021

3. Atmosfer bumi kehilangan kekuatannya

Jika kita berada di pantai atau luar ruangan saat oksigen menghilang selama lima detik maka kita akan terkena paparan sinar matahari berlebih yang menyebabkan luka bakar pada kulit, hal ini terjadi karena sebagian besar oksigen yang terkandung pada atmosfer berfungsi memantulkan sinar UV matahari.

4. Telinga manusia akan rusak

Hampir 90% tubuh manusia terdiri dari air, kehilangan oksigen berarti kehilangan tekanan udara yang mengatur keseimbangan air dalam tubuh manusia. Hal ini menyebabkan manusia seolah mengalami tekanan seperti berada di dalam laut pada kedalaman 2000 m secara mendadak, tekanan sebesar ini dapat menyebabkan telinga tidak sempat beradaptasi hingga bagian dalam telinga rusak.

5. Mesin di kendaraan akan berhenti total

Jika oksigen hilang maka tidak akan ada api, hal ini membuat proses pembakaran yang bekerja di dalam mesin terganggu. Seluruh mesin dan kendaraan yang tidak berjalan menggunakan tenaga listrik akan berhenti bekerja. Independent.uk, sebuah portal berita bahkan menyebutkan selain mesin kendaraan darat, mesin yang sedang menerbangkan pesawat dan helikopter akan berhenti bekerja. Secara tidak langsung seluruh pesawat yang sedang berada di udara saat itu akan jatuh.

Baca Juga  Tips Pemasangan Baliho Agar Menarik

6. Lapisan kerak bumi akan hancur dan tenggelam

Lapisan kerak bumi merupakan bagian paling luar bumi tempat seluruh makhluk hidup tinggal, lapisan ini mengandung oksigen sebanyak 45 persen. Ketika oksigen menghilang selama 5 detik seluruh hal diatas terjadi bersamaaan dengan dataran bumi yang hancur dalam waktu singkat sebelum jatuh bersama seluruh objek di atasnya menuju inti bumi.

Untung saja kemungkinan hilangnya oksigen dari bumi sangatlah kecil, manusia masih dapat hidup dengan tenang sambil menikmati 21 persen oksigen di bumi setiap harinya tanpa perlu khawatir hilangnya unsur penting kehidupan ini. Meski begitu kita tetap harus menjaga kualitas oksigen yang semakin berkurang akibat penebangan pohon serta efek rumah kaca.

WhatsApp chat