Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

7 Makanan Ini Ampuh Usir Bau Mulut Saat Berpuasa, Napas Segar Seharian

7 Makanan Ini Ampuh Usir Bau Mulut Saat Berpuasa, Napas Segar Seharian

Saat berpuasa, bau mulut atau halitosis dalam bahasa medis, menjadi salah satu masalah utama. Hal ini terjadi karena kita dehidrasi, bisa juga disebabkan makanan atau minuman yang dikonsumsi saat sahur.

Lebih baik hindari makanan atau minuman yang mengandung kadar gula tinggi saat sahur. Jika kamu pengin napas tetap segar selama berpuasa, cobalah konsumsi makanan atau minuman di bawah ini.

1. Air mineral

Seperti yang telah disinggung di awal, salah satu penyebab bau mulut adalah kurangnya asupan cairan. Air mineral mampu melembapkan mulut dan tenggorokan, sehingga bisa membersihkan bakteri penyebab bau mulut.

Dengan banyak minum air mineral, kamu bisa meningkatkan produksi saliva yang berfungsi menghilangkan zat penyebab bau. Setidaknya kamu harus mengonsumsi delapan gelas per hari.

2. Teh hijau

Selain air mineral, kamu juga bisa mengonsumsi teh hijau atau hitam. Teh hitam mengandung polyphenol yang bisa meminimalisir pertumbuhan bakteri dalam mulut dan mencegah kerusakan gigi.

Sedangkan, teh hijau kaya antioksidan catechin yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri. Walaupun sehat tapi jangan berlebihan ya, cukup 1-2 gelas kecil saat sahur.

Baca Juga  Strategi Mengelola Hubungan Baik dengan Konsumen

3. Apel

Kamu bisa mengakhiri makan sahur dengan mengonsumsi apel. Kandungan zat asamnya dapat membunuh bakteri.

Apel juga memiliki serat alami yang bisa menjaga kebersihan gigi. Jika tidak ada apel, kamu bisa menggantinya dengan seledri atau wortel.

4. Makanan kaya vitamin C

Makanan yang memiliki kandungan vitamin C dipercaya ampuh menghilangkan bau mulut. Beberapa di antaranya paprika merah, brokoli, jeruk, melon, dan beri.

Selain bisa mencegah pertumbuhan bakteri, makanan tersebut bisa menimbulkan abrasi yang mampu melepas sisa-sisa makanan yang masih menempel atau bersembunyi di gigi.

5. Keju dan yoghurt

Menurut ahli kebersihan gigi asal Charlottetown di Kanada, Julie Linzel, sepotong keju mampu menetralisisir beberapa asam makanan yang memicu bau mulut. 

Tak hanya keju, yoghurt juga bisa membantu mengurangi bau mulut. Pilih yoghurt tanpa gula, sehingga bisa mengurangi kadar hidrogen sulfida penyebab bau mulut.

6. Jahe

Biasanya kita mengonsumsi jahe ketika sakit atau cuaca dingin. Ternyata tak hanya itu saja manfaat yang bisa kamu dapatkan. Secara gak langsung, jahe juga bisa menghilangkan bau mulut, lho.

Baca Juga  New Normal, Ini 10 Barang Penting yang Wajib Dibawa saat Keluar Rumah!

Kamu bisa makan sepotong jahe setelah makan atau berkumur dengan air jahe. Dijamin napas segar seharian.

7. Susu

Terakhir, ada susu yang bisa membantu menghilangkan napas tak sedap. Sebab, kandungan lemak dan air yang tinggi dipercaya dapat menetralkan bau mulut. 

Lebih baik minum susu tanpa kandungan gula. Ingat, gula berlebih hanya berdampak timbulnya bau mulut.

Pastinya selain tujuh makanan alami di atas, pastikan kamu langsung sikat gigi setelah makan sahur ya biar terhindar dari mulut bau selama puasa. Ada favoritmu?

WhatsApp chat