Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

6 Makanan untuk Meningkatkan Kinerja Otak, Bikin Makin Cerdas!

Sejatinya makanan yang paling kamu butuhkan adalah makanan sehat dan memiliki efek baik bagi organ-organ penting tubuh. Salah satunya adalah makanan yang mengandung nutrisi tinggi untuk otak. Namun apakah benar makanan tertentu dapat membuat kamu lebih pintar? Atau itu hanya isapan jempol belaka? 

Jangan salah, menurut para ilmuwan memang terdapat makanan-makanan sehat yang bila dikonsumsi ternyata berefek baik untuk kesehatan otak. Tak serta merta hanya membuat pintar, tapi dapat memaksimalkan kinerja otak dengan baik. Apa sajakah makanan tersebut? Yuk simak!

1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang selalu ada di setiap menu makanan sehat. Makanan sehat untuk diet sepertinya tak lepas dari buah yang satu ini, seperti salad ataupun roti panggang. Tak salah memang karena kandungan buah alpukat ini sangat baik untuk tubuh termasuk organ otak. 

Alpukat merupakan sumber lemak baik dan mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang mana dapat membuat peredaran darah jadi lebih baik, sehingga risiko tekanan darah tinggi pun semakin berkurang. Bila aliran darah menuju ke otak lancar, maka kebutuhan nutrisi otak akan terpenuhi.

Baca Juga  5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Diabetes Tipe 2

Dilansir dari National Institute of Aging, tekanan darah tinggi dapat berpotensi merusak jaringan otak sehingga berdampak pada kemampuan kognitif otak.

2. Brokoli

Sayur brokoli adalah sayuran yang baik untuk nutrisi otak. Brokoli dipercaya dapat meningkatkan ketajaman otak. Ada dua nutrisi baik di dalam brokoli yang dapat membuat otak kita semakin cerdas, yaitu vitamin K dan kolin. 

Manfaat vitamin K sendiri adalah dapat membantu menguatkan kekmampuan kognitif otak manusia.

Dikutip dari Wellnessresources.com, dari hasil penelitian membuktikan bahwa vitamin K berkontribusi menjaga kesehatan otak selama masa penuaan. Sedangkan kolin juga berperan untuk meningkatkan daya ingat otak. 

3. Almond

Seperti yang kamu ketahui bahwa pada umumnya kacang-kacangan adalah makanan yang baik untuk kesehatan, selama tidak dikonsumsi berlebihan.

Kandungan di dalam kacang almond sendiri ternyata bermanfaat untuk memperkuat daya ingat otak dan juga menunda perkembangan penyakit Alzheimer.4. Sayur bayam

Mungkin sejak kecil kamu sudah dibiasakan oleh orangtua untuk rajin makan sayur bayam agar pintar. Ternyata hal itu benar adanya lho!

Baca Juga  3 Skincare Alami yang Ternyata Berbahaya bagi Kulit

Sama seperti Popeye yang seketika menjadi kuat setelah memakan bayam, otak pun akan menjadi lebih tajam bila rutin mengonsumsi bayam. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin K tinggi yang terdapat pada sayur-sayuran hijau seperti bayam, kale, dan lainnya.

Dikutip dari Newswise.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika lansia mengonsumsi satu porsi bayam dan sayuran hijau lainnya setiap harinya selama kurang lebih 5 tahun, mereka memiliki kemampuan kognitif yang sama dengan orang berusia 11 tahun lebih muda yang tidak pernah mengonsumsi sayuran sama sekali. 

5. Oatmeal

Dikenal sebagai salah satu makanan untuk sarapan sehat, oatmeal ternyata juga baik untuk mendukung kesehatan otakmu lho. Pastinya oatmeal memang bagus untuk sarapan, sehingga pada saat beraktivitas otakmu dapat bekerja dengan sangat maksimal.

Otmeal mengandung banyak karbohidrat yang nantinya bertindak sebagai suntikan glukosa dan meningkatkan kadar gula darah. Glukosa akan dikirim ke otak sehingga otak dapat berfungsi lebih maksimal. Apabila kadar gula dalam darah sangat tercukupi, maka kemampuanmu untuk fokus dan mengingat sesuatu akan lebih baik. 

Baca Juga  Shanty Kenang Masa Pacaran dengan Denny Cagur, Menikah Merasa Terjebak

6. Kismis

Siapa yang suka makan kismis sebagai camilan? Yup, berbahagialah karena kismis termasuk makanan sehat yang merupakan sumber makanan utama yang dapat meningkatkan fungsi otak.

Kismis merupakan sumber nutrisi boron yang dikenal sebagai salah satu makanan otak.  Salah satu fungsi nutrisi boron adalah untuk koordinasi tangan-mata serta daya ingat jangka pendek.

Dilansir dari US National Library of Medicine, kekurangan boron dapat menyebabkan penurunan aktivitas listrik pada otak sehingga berdampak pada penurunan daya ketangkasan, kecepatan motor, dan memori jangka pendek.

Ternyata urusan makanan bukan semata-mata untuk perut saja bukan? Seperti kata pepatah “you are what you eat”, apa yang kamu makan ternyata dapat berpengaruh besar pada kehidupan ya.

Kalau kamu ingin menjaga kesehatan otak serta kemampuan kognitifmu, jangan tunda untuk mengonsumsi makanan sehat seperti di atas ya!

WhatsApp chat