Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

5 Penyebab Mudah Lelah Padahal Tidak Banyak Aktivitas

Penyebab mudah lelah atau bahkan mengantuk bisa berasal dari gaya hidup yang tidak sehat atau mengindap penyakit tertentu. Nah, untuk lebih tahu lebih dalam tentang penyebabnya, kamu bisa menyimak ulasan berikut ini!

Stres

Penyebab mudah lelah padahal tidak banyak aktivitas yang pertama yaitu stres. Bagaimana tidak, kondisi stres akan mempengaruhi pola tidur seperti sering tidur atau justru sulit tidur. Stres kronis dapat menyebabkan kelelahan psikologis dan fisik.

Terganggunya pola tidur akan membuat tubuh merasa cepat lelah meskipun kamu tidak banyak aktivitas. Jadi, jika kamu merasa mudah lelah, kamu harus mengurangi atau meminimalisir stres yang sedang kamu hadapi.

Kurang tidur

Kurang tidur menjadi salah satu penyebab mudah lelah yang sering terjadi. Ada banyak hal yang menyebabkan kamu kurang tidur seperti banyak pikiran, mengkonsumsi kafein secara berlebihan, main gadget sebelum tidur, ganguan kecemasan dan sebagainya.

Umumnya orang dewasa membutuhkan tidur selama 7 jam dalam satu malam. Jika waktu tidur tersebut tidak tercukupi, maka bisa membuat tubuh merasa mudah lelah bahkan memicu penyakit kronis. Jadi, aturlah waktu tidurmu sebaik mungkin.

Baca Juga  6 Aktivitas Sederhana untuk Mengatasi Stres Selama #DiRumahAja

Penyakit tertentu

Rasa lelah berkepanjangan merupakan hal yang tak wajar dan perlu pengobatan. Ada beberapa penyakit yang mungkin terjadi saat kamu merasa mudah lelah.

Sleep apnea, gagal jantung, hipotiroidisme, sindrom kelelahan kronis, kanker, sklerosis ganda, gangguan kecemasan hingga depresi bisa menjadi beberapa penyakit yang terjadi karena rasa lelah. Tapi, kamu tidak boleh Self-diagnosis begitu saja dan harus berkonsultasi dengan dokter.

Kurang olahraga

Mudah lelah bisa terjadi jika kamu terlalu lama duduk, tidur atau kurangnya bergerak. Maka, cobalah untuk lebih aktif bergerak.

Lakukan olahraga selama satu atau dua minggu sekali. Untuk membuat tubuh lebih aktif lagi, kamu bisa melakukan jalan kaki daripada naik lift. Bisa juga dengan jalan kaki ke minimarket terdekat atau sekedar jalan kaki di pagi hari.

Kekurangan nutrisi

Kalori menjadi salah satu nutrisi yang tidak boleh kurang dalam tubuh. Kenapa Karena tubuh membutuhkan kalori untuk bergerak, menjaga suhu tubuh, bernapas dan sebagainya. Jadi ketika tubuh kekurangan kalori, maka proses metabolisme tubuh akan melambat.

Baca Juga  Cara Terbaik Move On Dari Mantan Biar Enggak Galau

Selain kalori, tubuh juga tidak boleh kekurangan nutrisi seperti protein, Vitamin B9 atau folat, Vitamin B12, Vitamin D, Vitamin C, Magnesium, Zat besi, Vitamin B2, Vitamin B3, dan lainnya.

Kira-kira mana yang menjadi penyebab mudah lelah padahal tidak banyak aktivitas kamu? Jika sudah tahu apa penyebabnya, maka kamu harus bisa mencegahnya semaksimal mungkin. Ingat, lebih baik menjaga daripada mengobati! Jadi sangat penting untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

WhatsApp chat