Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

5 Cara Mengatur Keuangan Bagi Pemula

Ini 4 Kiat Mengelola Keuangan dengan Bijak

Berikut ini lima cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatur keuangan, antara lain:

  1. Menabung
    Ketika ingin membeli suatu barang, sudah menjadi tradisi untuk menabung terlebih dulu. Kalau tidak menabung dulu, sulit rasanya jika kita langsung membeli barang tersebut.

Cara pertama di dalam mengatur keuangan adalah menabung terlebih dahulu. Di bawah ini akan dijelaskan tentang jenis-jenis menabung dan cara menabung uangnya.

  1. Menulis Rencana Anggaran Biaya (RAB) Sendiri
    Selanjutnya akan dibahas tentang barang yang ingin dibeli dari hasil tabungan jangka pendek. Sama halnya dengan RAB pada suatu acara, RAB sendiri juga berisikan barang-barang yang Anda inginkan.

Tulis kebutuhan Anda menjadi list yang panjang. Bisa ditulis di buku khusus ataupun jurnal. Buku ini adalah buku catatan konsep keuangan Anda. Mau dipakai kemana uangmu nantinya.

  1. Klasifikasi Barang yang Akan Dibeli
    Setelah Anda menulis daftar keinginan, langkah setelah itu adalah mengklasifikasi jenis barang tersebut. Klasifikasinya terbagi dua, ada barang kebutuhan (needs) dan barang keinginan (wants). Dalam Ilmu Ekonomi, kebutuhan adalah barang konsumsi yang lebih penting daripada yang lainnya, dan memang barang yang diperlukan untuk membantu kehidupan Anda.
Baca Juga  Ini 5 Hal yang Bisa Anda Tulis di Jurnal Harian Untuk Mengurangi Stress

Sementara, keinginan adalah barang konsumsi yang digunakan untuk berfoya-foya atau barang konsumtif untuk membahagiakan Anda, seperti membeli sepatu bermerek, atau kamera keluaran terbaru.

Setiap manusia tentu memiliki sifat foya-foya, dan hal itu memnag wajar. Tetapi, semua itu ada batasannya. Sesuatu yang berlebihan juga tidak baik. Di tahap ini, Anda memisahkan barang mana yang berwujud kebutuhan dan keinginan. Dari list barang tadi, Anda klasifikasi sendiri, sesuaikan mana yang lebih penting daripada yang lainnya.

Cara inilah yang membedakan diri Anda dari sebelumnya, bahwa Anda kini mampu lebih bijak di dalam memprioritaskan berbelanja. Anda juga sebaiknya lebih bersabar untuk membeli barang yang tidak benar-benar dibutuhkan.

  1. Mengurutkan dari Needs ke Wants
    Setelah di list, selanjutnya mengurutkan ulang seluruh list menjadi susunan yang lebih rapi. Pembelian yang diutamakan dibeli itu adalah yang needs atau kebutuhan. Lalu, dilanjutkan keinginan atau wants.
  2. Evaluasi Pengeluaran dan Pemasukan Setiap Bulannya
    Setelah Anda melakukan rancangan menabung dan menulis rancangan anggaran biaya, maka lakukan evaluasi tiap Anda melakukan transaksi pemasukan dan pengeluaran tiap bulannya. Hal ini bertujuan agar Anda bisa melihat sejauh mana Anda mengatur keuangan.
Baca Juga  Iklan Jadi Investasi Penting Demi Branding
WhatsApp chat