Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

4 Cara Mudah Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

4 Cara Mudah Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Banyak orang tua yang memberikan anaknya multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Tapi sebenarnya, ada langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan oleh orangtua. Apa sajakah itu?

Simak ulasannya berikut ini seperti yang dirangkum dari Asia One, Jumat (28/5/2020) :

1. Pastikan Tidur Anak Berkualitas

daya tahan tubuh anak
Ilustrasi balita sedang tidur. (Freepik)

Kurang tidur dapat menurunkan produksi protein yang disebut sitokin sehingga bisa melemahkan sistem daya tahan tubuh. Usahakan anak tidur cukup dan tanpa gangguan sehingga produksi sitokin tidak terganggu.

Anak usia 1-3 tahun membutuhkan waktu tidur 12 hingga 14 jam. Lalu anak usia 3-6 tahun sebaiknya tidur 10 hingga 12 jam. Sedangkan anak usia 7-12 tahun disarankan tidur 10 hingga 11 jam.

2. Bantu Anak Kelola Stres

daya tahan tubuh anak
Ilustrasi balita sedang stres. (Freepik)

Bukan hanya orang dewasa yang bisa mengalami stres. Anak juga terkadang memiliki kecemasan yang bisa mengganggu pola tidur dan kebiasaan makan. Hal itu berdampak pada menurunnya daya tahan tubuh. Kecemasan pada anak sebagian besar disebabkan oleh pelajaran yang diterimanya 

Oleh karena itu, orangtua bisa bantu anak mengelola kecemasan dengan cara merencanakan jadwal harian, ajarkan memecah proyek-proyek besar menjadi tugas yang lebih kecil, dan ingatkan untuk beristirahat secara teratur ketika belajar. Selain itu, tanyakan pula kondisi pertemanannya. Sebab bisa saja anak mendapatkan perundungan.

Baca Juga  Driver Ojol Ini Dinilai Mirip Artis, Warganet: Ahmad Dhani KW

3. Jadikan Olahraga Sebagai Prioritas

daya tahan tubuh anak
Ilustrasi anak sedang bersepeda. (Freepik)

Anak yang aktif serta berolahraga secara teratur umumnya cenderung bugar dan sehat. Bantu anak menjadi lebih aktif dengan merencanakan aktivitas  luar ruangan yang mendorongnya untuk berolahraga. 

4. Biasakan Hidup Bersih

daya tahan tubuh anak
Ilustrasi anak mencuci tangan. (Freepik)

Kuman di sekitar rumah bisa baik dan bisa juga buruk. Untuk melindunginya, pastikan anak mencuci tangan terutama sehabis dari kamar mandi dan sebelum makan. Orang tua juga bisa mencuci dan disinfeksi mainan anak secara teratur.

WhatsApp chat