Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

3 Manfaat Likopen Dalam Tomat Untuk Kesehatan

Tomat adalah buah yang memiliki banyak vitamin dan senyawa yang dapat mencegah beberapa penyakit dan baik untuk kesehatan. Buah tomat dapat dikonsumsi dalam bentuk olahan, seperti pasta tomat, saus tomat, jus tomat dan lain sebagainya.

Likopen adalah zat aktif utama dalam tomat yang ditemukan dalam jumlah yang cukup besar. Likopen sangat bermanfaat dan baik untuk kesehatan. Saat ini kami akan membahas mengenai 3 manfaat likopen dalam tomat untuk Kesehatan, simak ulasannya berikut ini.

Kandungan likopen dalam tomat segar
Likopen adalah bahan alami yang ditemukan dalam jumlah besar pada tomat dan buah-buahan berwarna merah seperti pepaya, semangka dan jambu. Likopen merupakan kelompok karotenoid.
Kandungan likopen dalam tomat sangat dipengaruhi oleh proses pematangan dan perbedaan varietas berwarna merah yang mengandung lebih banyak likopen dibandingkan yang berwarna kuning.
Likopen merupakan salah satu antioksidan yang potensial dengan kemampuan meredam oksigen tunggal dua kali lebih baik daripada beta karoten dan 10 kali lebih baik daripada Alfa tokoferol.

Baca Juga  Resep Lumpia Semarang Isi Ayam, Lengkap dengan Saus Cocolan yang Gurih

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya kandungan likopen akan bermanfaat bagi kesehatan untuk melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif. Likopen terbukti sebagai antioksidan yang efektif, kandungan yang memiliki kemampuan untuk mencegah radikal bebas merusak sel yang disebabkan oleh ROS.

Likopen dua kali lebih efektif dibandingkan beta-karoten dalam melindungi sel darah putih dari kerusakan membran oleh radikal bebas. Setelah diserap oleh tubuh likopen disimpan dalam paru-paru, hati, kolon, kulit dan prostat.

Likopen untuk kesehatan wanita
Manfaat likopen dalam tomat selanjutnya adalah aktivitas lekopen dalam menghambat tumor pada kanker payudara, kultur sel yang diberi likopen menunjukkan adanya hambatan pada pertumbuhan sel kanker payudara.

Sedangkan Alfa dan Beta karoten menunjukkan efektivitas yang jauh lebih rendah adalah menghambat pertumbuhan sel kanker. Adanya hubungan antara jaringan dekopen pada payudara dengan risiko kanker payudara, likopen mampu menurunkan resiko perkembangan kanker payudara karena karotenoid lain tidak menunjukkan hubungan dengan penurunan risiko kanker payudara.

Sehingga wanita yang memiliki level likopen rendah lebih rentan terkena kanker serviks dan kanker ovarium dibandingkan yang memiliki level tinggi.

Baca Juga  Hati-Hati, Ini 5 Tanda Jika Anda Kehilangan Cinta Dalam Rumah Tangga

Antioksidan juga diketahui memiliki pengaruh terhadap preeklamsia atau tekanan darah tinggi pada wanita hamil. Likopen ditengarai dapat memperpanjang usia wanita, karena dapat mengurangi stres oksidatif.

Dikopian diketahui memainkan peran penting dalam berbagai masalah penting kesehatan wanita termasuk kanker payudara, kanker serviks, kanker ovarium, preeklamsia dan kardiovaskuler. Karena itu sangat direkomendasikan bagi wanita untuk mengkonsumsi sumber likopen seperti tomat.

Likopen untuk osteoporosis
Osteoporosis merupakan penyakit tulang metabolik berat yang disebabkan oleh massa tulang yang rendah dan kerusakan mikro arsitektural pada jaringan tulang, yang menyebabkan meningkatnya kerapuhan tulang dan resiko patah atau retak.

Osteoporosis menyerang pada kebanyakan wanita menopause berusia diatas 50 tahun karena terjadinya kehilangan estrogen. Stres oksidatif yang terkandung pada tomat telah terbukti memiliki pengaruh terhadap osteoporosis.

Makanan yang mengandung antioksidan seperti likopen merupakan strategi yang efektif untuk mencegah kerusakan oksidatif dan dengan demikian dapat mencegah penurunan kualitas tulang.

Likopen menstimulasi parameter-parameter dalam sel-sel yang penting untuk pembentukan tulang dan mencegah sel sel berperan dalam pemenuhan fungsinya dalam penyerapan tulang. Dengan begitu yang kaya likopen dapat menjadi alternatif pengobatan yang baik.

Baca Juga  Adhisty Zara Ogah Pacaran sama Cowok Taurus, Sindir Mantan?

Likopen untuk kanker prostat
Dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung likopen terbukti memperlambat pertumbuhan tumor bahkan untuk tumor prostat akan mengecil dan menunjukkan penurunan tingkat antigen spesifik prestasi yaitu suatu senyawa yang diproduksi oleh sel kanker prostat yang aktif.

Antioksidan yang sangat kuat dan efektif dalam perawatan kanker prostat adalah likopen yang dapat dengan mudah diserap dan disimpan pada prostat, kelenjar adrenalin dan testis.

Likopen telah terbukti cenderung terkonsentrasi di jaringan prostat. Dari semua karotenoid yang ada di kelenjar prostat kadar likopen merupakan yang tertinggi. Likopen jika dikombinasikan dengan vitamin C mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker prostat.

WhatsApp chat