Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Ini Manfaat Mandi Es Batu Menurut Dokter

Mandi dengan es batu biasanya dilakukan oleh atlet setelah sesi latihan atau pertandingan untuk meredakan nyeri otot dan meningkatkan pemulihan. Sebuah studi terkini yang diterbitkan dalam jurnal Sports Medicine pada Februari 2022 menyatakan, mandi dengan es batu atau berendam di air es terutama bermanfaat saat seseorang atau atlet baru saja melakukan latihan intensitas tinggi, khususnya HITT . Dalam studi tersebut, orang yang menggunakan mandi es setelah latihan intensitas tinggi dilaporkan merasa lebih baik, kekuatan otot meningkat dan nyeri cepat mereda.
Dr. Dominic King dari Departemen Bedah Ortopedi di Klinik Cleveland, juga membeberkan sejumlah manfaat yang bisa didapat dari mandi air es.

Mandi es dapat mengurangi rasa sakit

Mengoleskan es batu secara langsung ke kulit dilakukan sebagian orang untuk mengurangi rasa nyeri akibat luka atau cedera setelah olahraga. Para peneliti menduga bahwa persepsi rasa sakit Anda menurun karena kecepatan konduksi saraf yang melambat. Bahkan, seseorang cenderung mati rasa saat lokasi sakitnya dikompres dengan es. “Mandi air es dapat membuat reseptor rasa sakit mati rasa dan menurunkan peradangan, sehingga Anda hampir dapat menganggapnya seperti anestesi tanpa obat,” ucap Dominic.

Baca Juga  Studi: Tidak Hanya Indonesia, Wanita Amerika Serikat Juga Banyak Merokok

Selain cedera olahraga, mandi air es juga bermanfaat bagi orang yang memiliki kondisi peradangan seperti rheumatoid arthritis.

Mandi air es dapat menurunkan suhu tubuh pelari

Atlet lari yang baru saja menjalani kompetisi berat seperti marathon berpotensi mengalami peningkatan suhu tubuh. Karena itu, salah satu cara untuk mengembalikan suhu tubuh mereka yaitu dengan mandi air es.
“Secara historis, kami telah menggunakan metode mandi es dalam pengobatan, seperti mengatasi serangan panas atau menurunkan suhu tubuh,” ujar Dominic. Penting untuk dicatat bahwa meskipun mandi es digunakan untuk mengobati serangan panas, dokter tidak menganjurkan Anda melakukan hal ini untuk meredakan kenaikan suhu tubuh akibat demam. Menurut Dominic, saat Anda demam, hal terpenting yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebab dari kondisi tersebut, bisa karena infeksi atau kondisi lain yang dapat mengancam jiwa.

Mandi es dapat membantu fokus dan meditasi

Ini adalah manfaat dari segi mental. Ya, mandi es sering dilakukan atlet sebelum melakukan relaksasi atau meditasi pasca-latihan. Mandi dengan air es atau es batu dapat membantu orang lebih fokus pada pemulihan dan memperlambat detak jantung mereka.

Baca Juga  TRIBUTE MENGHARUKAN BAGI CHADWICK BOSEMAN, SI RAJA WAKANDA
WhatsApp chat