Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

3 Dampak Fotosintesis bagi Lingkungan yang Menguntungkan

Dirangkum berbagai sumber, proses fotosintesis sederhananya menghasilkan oksigen, hidrogen, karbohidrat. Semua hasil itu mempunyai dampak berbeda-beda bagi lingkungan.

  1. Menghasilkan oksigen
    Dari proses reaksi terang, fotosintesis menghasilkan oksigen yang dilepas ke atmosfer. Dampak baiknya, oksigen tersebut bisa dihirup oleh semua makhluk hidup untuk bernapas.

Terutama bagi manusia dan hewan, oksigen mempunyai peranan penting dalam memaksimalkan seluruh kinerja organ tubuh supaya tetap berfungsi dengan baik.

Bayangkan jika tidak ada oksigen, maka semua hal di bumi akan hancur karena kehilangan tekanan udara yang berfungsi mengatur keseimbangan.

  1. Menghasilkan hidrogen
    Dampak fotosintesis yang menguntungkan selanjutnya yaitu menghasilkan hidrogen. Hidrogen adalah zat air yang sangat dibutuhkan tumbuh-tumbuhan.

Dengan adanya hidrogen, maka tumbuhan bisa tumbuh dan berkembang kemudian menghasilkan bunga, buah, dan lain sebagainya. Hasil dari tumbuhan yang berkembang ini nantinya dapat dimanfaatkan dalam kehidupan manusia dan hewan.

  1. Menghasilkan karbohidrat (glukosa)
    Fotosintesis juga menghasilkan karbohidrat berupa molekul gula sederhana untuk sumber energi atau bahan makanan pada tumbuhan.
Baca Juga  4 Fakta Virus Corona Varian Lambda

Glukosa tersebut bisa dijadikan cadangan makanan tumbuhan untuk jangka panjang, sehingga ketika berhadapan dengan musim tertentu, tumbuhan tidak mudah layu atau mati.

Tumbuhan atau tanaman yang mengandung karbohidrat bisa dikonsumsi manusia karena dapat menyumbang pasokan energi untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Itulah beberapa dampak fotosintesis yang menguntungkan bagi lingkungan, sehingga bermanfaat banyak untuk keberlangsungan kehidupan semua makhluk hidup di muka bumi.

WhatsApp chat