Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Tips Wisata ke Korea Selatan, Perhatikan Musim dan Instal Aplikasi

Korea Selatan menjadi salah satu negara yang populer dikunjungi wisatawan asal Indonesia. Sebelum berkunjung, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan agar liburan menjadi lebih menyenangkan. Beberapa tips kunjungan ke Korea Selatan disampaikan oleh influencer sekaligus musisi yang menggemari K-Pop, yakni Ghea Indrawari dan Tiffani Afifa.

Tentukan tipe liburan

Menurut Ghea, liburan ke Korea makin mudah jika sudah menentukan tujuan dan jenis perjalanan yang diinginkan sejak awal.

“Tentuin dulu trip-nya mau apa dan gimana, baru kemudian lakukan riset atau searching. Misalnya mau fokus ke tempat K-Drama, wisata alam, atau wellness,” ujar Ghea.

Menurutnya, wisata di Korea Selatan termasuk cukup lengkap.

Kenali musim

Sebelum menyusun rencana perjalanan , wisatawan sebaiknya menyusun daftar lokasi sesuai musim yang diinginkan.
Adapun Korea Selatam merupakan negara dengan empat musim. Setiap tahun, negara ini mengalami musim dingin pada Desember-Februari, musim semi pada Maret-Mei, musim panas pada Juni-Agustus, dan musim gugur pada September-November.

Sejumlah destinasi dan agenda kegiatan di Korea Selatan secara umum juga dipengaruhi musim yang sedang berlangsung, seperti disampaikan oleh Ghea.

Baca Juga  Layanan Cloud Storage Terbaik untuk Mahasiswa, Gratis!

“Ada beberapa tempat, misalnya di Nami Island, itu bagusnya pas musim gugur. Aku pernah ke sana waktu summer bagus tapi enggak dapat daunnya yang warna-warni seperti di musim gugur,” tutur dia.

Senada, kata Tiffani, musim gugur dan musim semi merupakan dua waktu yang menurutnya terbaik untuk bepergian ke Korea Selatan.

Unduh aplikasi penting

Agar lebih nyaman jalan-jalan saat berada di Korea Selatan, wisatawan bisa mengunduh beberapa aplikasi penting, seperti dikatakan Tiffani. Dari pengalamannya, kota-kota besar di Korea Selatan terutama Seoul sudah dilengkapi transportasi publik yang memadai. Turis Indonesia bisa memanfaatkan fasilitas ini.

“Jangan lupa install aplikasi yang penting, kaya transportasi dan aplikasi penunjuk arah. Lebih baik lagi kalau belajar baca tulisan hangeul supaya mempermudah,” ujarnya.

Ghea menambahkan, wisatawan juga bisa menggunakan aplikasi translator atau penerjemah bahasa, agar tidak bingung saat ingin bertanya kepada warga lokal. Korea Selatan sendiri sudah membuka diri untuk wisatawan mancanegara.

Susun rencana perjalanan

Terakhir, untuk wisatawan pemula terutama yang pergi tanpa pemandu atau agen travel, tentu harus menyusun rencana perjalanan se-detail mungkin.

Baca Juga  Agar Tak Salah Arah, Ini Tips Membangun Bisnis Online Bagi Pemula

“Ditentuin dulu itinerary-nya, jangan sampai bingung pas udah sampai ke sana. Misalnya hari ini mau ke Seoul, enaknya dari sore sampai malam, lalu besok jelajah apa,” ujar Ghea.

Ia berpesan agar wisatawan bisa melakukan banyak riset terkait suatu tempat, dan mengestimasi waktunya dengan selengkap mungkin.

WhatsApp chat