Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Tips Mudah Menghilangkan Cegukan Tanpa Minum

Cegukan adalah salah satu masalah kesehatan ringan yang kerap mengganggu aktivitas sehari-hari. Meskipun cegukan bisa hilang sendiri setelah beberapa waktu, tapi kondisi ini bisa membuat kita tersedak saat makan atau membuat kita tak lancar berbicara. Sebelum menyimak beberapa cara menghilangkan cegukan tanpa minum, ada baiknya lebih dulu mengenali kenapa seseorang bisa cegukan.

Kenapa kita bisa cegukan?

Cegukan terjadi ketika tanpa disadari diafragma mengalami kejang. Diafragma adalah otot yang membantu pernapasan tubuh. Ketika kejang, anda tiba-tiba menarik napas dan pita suara menutup, terjadilah cegukan. Selain gangguan pada kinerja normal tubuh, aktivitas sehari-hari juga bisa jadi penyebab cegukan. Antara lain:

  1. Makan terlalu banyak atau terlalu cepat
  2. Minum minuman berkarbonasi atau soda
  3. Makanan terlalu pedas
  4. Stres berlebihan atau terlalu emosional
  5. Minum alkohol
  6. Terjadi perubahan suhu dengan tiba-tiba

Cara mengatasi cegukan tanpa minum

Kebanyakan kasus cegukan bisa reda dengan sendirinya tanpa perlu diobati. Namun, terkadang orang ingin masalah kesehatan ini segera berlalu. Salah satu cara mengatasi cegukan yang biasanya direkomendasikan adalah banyak minum. Sayangnya, terkadang cegukan muncul saat seseorang puasa atau tidak bisa mengakses minuman. Melansir berbagai sumber, berikut cara menghilangkan cegukan tanpa minum yang bisa dijajal:

  1. Lakukan pernapasan dengan terukur. Anda bisa menarik napas dengan perlahan selama lima hitungan dan keluarkan dengan lima hitungan.
  2. Tarik napas dalam dan tahan napas selama 10 detik, lalu tarik napas perlahan. Ulangi tiga kali, empat kali, atau seperlunya.
  3. Tarik napas ke dalam kantong ketas. Tempatkan mulut dan hidung ke kantong kertas yang sudah mengembang. Perlahan-lahan bernapas sampai kantong kertas kembang kempis. Ingat, jangan pernah gunakan kantong plastik.
  4. Duduk di tempat yang nyaman lalu peluk lutut Anda. Bawa lutut ke dada dan tahan dalam posisi tersebut selama dua menit.
  5. Tekan dada atau bagian diagragma dengan cara membungkuk ke depan untuk menekan dada Anda.
  6. Embuskan napas sambil mencubit hidung dan menutup mulut selama beberapa saat. Ulangi beberapa kali.
  7. Pegang ujung lidah Anda dan tarik perlahan ke depan sekali atau dua kali. Menarik lidah dapat merangsang saraf dan otot di tenggorokan.
  8. Tutup hidung dengan rapat sembari menelan ludah.
  9. Gunakan ibu jari untuk menekan atau memeras telapak tangan Anda yang sebelah.
  10. Pijat lembut arteri di leher yang biasanya digunakan untuk mengecek denyut nadi. Caranya, berbaring lalu putar kepala ke kiri, baru pijat lembut leher sisi kanan dengan gerakan memutar selama lima detik. Ganti sisi satunya.
Baca Juga  Mengenal Cheongdam-dong, Tempat Lahir Salah Satu Member Blackpink yang Jadi Pusat Mode

Jika berbagai cara menghilangkan cegukan tanpa minum di atas sudah dicoba tapi masalah kesehatan ini tak kunjung hilang sampai dalam hitungan jam, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter. Terlebih jika cegukan terjadi lebih dari dua hari. Kondisi tersebut bisa jadi cegukan gejala sakit seperti gastroesophageal reflux (GERD), stroke, sampai multiple sclerosis.

WhatsApp chat