Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Fokus pada makanan yang menyehatkan jantung

Ada beberapa makanan yang baik untuk diet sehat jantung meliputi sayuran, seperti bayam, brokoli, dan wortel. Buah-buahan, seperti apel, jeruk, dan pisang, ikan, terutama yang kaya akan asam lemak omega-3.

Kemudian potongan daging sapi atau babi tanpa lemak, ayam, telur, produk susu bebas lemak atau rendah lemak, seperti keju dan yogurt. Lalu biji-bijian, seperti beras merah dan roti gandum dan kacang-kacangan.

Batasi lemak jenuh dan trans

Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh atau trans. Contohnya termasuk makanan cepat saji, hot dog, dan makanan beku.

Sebagai gantinya, cobalah untuk fokus pada konsumsi lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang sehat yang dapat ditemukan dalam hal-hal seperti alpukat, minyak zaitun atau minyak kanola, dan kacang-kacangan.

Kurangi natrium

Natrium dapat meningkatkan tekanan darah, jadi batasi asupan Anda hingga 1.500 miligram atau kurang per hari

Makan lebih banyak potasium

Kalium sebenarnya dapat melawan efek natrium terhadap tekanan darah Anda. Cobalah untuk meningkatkan konsumsi makanan kaya kalium, seperti pisang, bayam, dan tomat.

Baca Juga  Begini Cara Kerja Antioksidan untuk Jaga Sistem Kekebalan Tubuh

Hentikan kafein

Kafein adalah stimulan yang dapat meningkatkan tekanan darah. Jika Anda menderita hipertensi, usahakan untuk membatasi asupan, terutama sebelum melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan tekanan darah, seperti olahraga.

Singkirkan gula

Makanan dengan tambahan gula dapat menambah kalori yang tidak Anda butuhkan ke dalam diet Anda. Hindari makanan dan minuman yang mengandung tambahan gula atau pemanis, seperti minuman bersoda, kue, dan permen.

Turunkann berat badan

Kehilangan sedikit berat badan dapat banyak membantu dalam menurunkan tekanan darah.

Tetap aktif

Aktivitas dan olahraga aerobik tidak hanya dapat membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi juga dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah. Lakukan latihan aerobik selama 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu. Contoh beberapa aktivitas aerobik meliputi berjalan, berlari atau joging, renang
bersepeda dan menggunakan mesin elips

WhatsApp chat