Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

TIGA MANFAAT MERAWAT TANAMAN HIAS

Semenjak pandemi COVID-19, banyak perusahaan yang menerapkan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Penerapan WFH ini diharapkan bisa membantu mengurangi, bahkan menghentikan penyebaran virus corona.

Berhari-hari berada di rumah saja, rasa bosan pastilah melanda. Ini sebabnya banyak dari mereka yang mulai melirik kegiatan baru untuk melepas penat, salah satunya adalah berkebun.

Berkebun bisa mulai dari mana saja. Mulai dari menanam sayuran dan pohon buah untuk dikonsumsi sehari-hari, apotek hidup untuk dijadikan seduhan herbal, atau tanaman hias untuk mempercantik rumah dan pekarangan.

Namun, tak sedikit juga orang yang mulai memanfaatkan tanaman hias untuk mempercantik interior rumah. Nah, ternyata mendekorasi rumah dengan tanaman hias memiliki segudang manfaat, lho. Mau tahu apa saja? Simak manfaatnya yang sudah dirangkum berikut ini, ya.

Mempercantik ruangan
Dari namanya, tanaman hias ini tentu saja berfungsi sebagai penghias. Di sini, konteksnya sebagai penghias ruangan di dalam rumah, ya. Tanaman hias mampu membuat ruangan yang terlihat polos menjadi lebih cantik dan enak dipandang mata. Selain itu, tanaman juga mampu memberikan nuansa segar di dalam ruangan.

Baca Juga  Kenapa Orang Gemuk Mudah Berkeringat?

Warna-warni pada daun dan bunga dari tanaman hias seperti jenis sukulen, lavender, dan anthurium bisa memberikan kesan dekorasi ruangan yang menjadi lebih cerah dan berwarna.

Namun, tanaman hias yang didominasi dengan warna hijau seperti monstera dan pakis asparagus juga tak pernah kehilangan peminat meskipun terkesan monoton karena hanya berwarna hijau saja. Ini disebabkan oleh tanaman hijau tersebut memiliki bentuk yang sangat cantik.

Membantu menenangkan pikiran dan meredakan stres
Dikutip dari hellosehat.com, warna hijau memiliki pengaruh pada suasana hati dan pikiran kita, serta membuat kita merasa lebih tenang secara psikologis. Itu sebabnya, jika kamu menaruh tanaman hias berwarna hijau di dalam ruanganmu, kamu akan merasa lebih tenang saat melihatnya.

Warna hijau pada tanaman hias juga dipercaya memiliki manfaat positif, seperti membawa harmoni dalam kehidupan sehari-hari, keseimbangan emosi, penyegaran mata dan pikiran, menenangkan, dan menimbulkan kepedulian akan lingkungan.

Di samping itu, ada pula penelitian lain tentang tanaman, yang menunjukkan bahwa menyentuh daun tumbuhan selama 2 menit saja bisa menurunkan tingkat stres pada manusia. Belum lagi jika tanaman hias yang kamu rawat akhirnya memunculkan pucuk, tunas baru, atau bahkan berbunga. Kamu akan merasa bangga dan senang karena telah berhasil merawat tanaman dengan baik.

Baca Juga  Fakta atau Mitos? Kebanyakan Orang Asia Tidak Perlu Menggunakan Deodoran

Merawat tanaman memang tak bisa digolongkan sebagai kegiatan yang mudah, tapi tak ada salahnya untuk dicoba, kok. Jika kamu pintar merawat tanaman hias, tentu kegiatan ini akan menjadi hobi yang menyenangkan untuk dilakukan.

Membersihkan udara dalam ruangan
Meskipun di dalam ruangan, bukan berarti kamu terbebas dari polusi atau udara yang tercemar dari luar sana. Di sinilah tanaman hias berfungsi, bukan hanya untuk mempercantik ruangan, tapi juga membantu menyaring dan membersihkan udara di dalam ruangan.

Fungsi dari tanaman yang paling utama adalah mengubah zat karbondioksida menjadi oksigen. Adanya tanaman hias di dalam ruangan berarti adanya produsen oksigen di siang hari, sehingga kamu bisa menghirup udara yang lebih bersih dan segar.

Tak hanya itu, tanaman juga mampu meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan. Udara yang lembab akan membantumu untuk menghindari berbagai masalah pernapasan seperti batuk dan sakit tenggorokan yang diakibatkan oleh paparan udara yang kering dan kotor.

Tanaman hias juga dapat menyesuaikan udara di lingkungan sekitarnya. Jika udara sedang panas, tanaman akan membantu mendinginkan ruangan. Sebaliknya, jika udara sedang dingin, tanaman hias ini akan membantu menghangatkan ruangan.

Baca Juga  Wow Lisa Blackpink Raya Ulang Tahun dengan Belasan Billboard

Dengan menaruh tanaman hias dengan jumlah yang cukup di dalam ruangan, kamu tidak perlu lagi memakai pendingin ruangan karena tanaman hias akan membuat ruanganmu juga menjadi lebih sejuk.

WhatsApp chat