Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Ternyata Ada Tempat Tercerah di Bumi, Seperti Apa?

Bumi ternyata memiliki tempat tercerah, yang bahkan menerima sinar matahari sebanyak planet Venus. Tempat tercerah di Bumi yang belum lama ini teridentifikasi adalah Gurun Atacama, Chile.

Tepatnya adalah Altiplano di Gurun Atacama yang berada di dekat pegunungan Andes di Chile.

Wilayah yang terletak di ketinggian sekitar 4.000 meter ini mendapatkan lebih banyak sinar matahari daripada tempat-tempat yang lebih dekat dengan ekuator atau ketinggian yang lebih tinggi.

Gurun Atacama merupakan gurun yang istimewa karena berbagai alasan. Gurun Atacama adalah gurun tertua di Bumi, memiliki lingkungan paling kering, dan mungkin tempat paling jelas untuk melihat langit malam.

Akan tetapi, tak hanya itu saja, sebagai tempat tercerah di Bumi, Altiplano juga menerima radiasi tertinggi dari matahari atau keluaran energi cahaya yang dipancarkan dari matahari ke Bumi. Ilmuwan telah mengukur tingkat radiasinya, hasilnya mencapai 2.177 watt per meter persegi.

Sementara sebagai perbandingan, radiasi matahari di bagian atas atmosfer Bumi sekitar 1.360 watt per meter persegi. Perbandingan ini tentu luar biasa mengingat planet Venus terletak kira-kira 28 persen lebih dekat ke Matahari daripada Bumi.

Baca Juga  Film Menakjubkan Besutan Joko Anwar

Alasan lain Chile menjadi tempat yang sangat cerah adalah karena letak geografisnya yang berada di Belahan Bumi Selatan.

Ini terutama berlaku di musim panas, ketika orbit Bumi lebih dekat ke matahari, mencapai titik yang dikenal sebagai perihelion pada awal Januari, yang menghasilkan lonjakan radiasi matahari yang 7 persen lebih tinggi di Belahan Bumi Selatan dibandingkan Belahan Bumi Utara.

Mendapatkan lebih banyak sinar matahari mungkin memiliki kelebihan, namun jumlah paparan yang tinggi dapat juga merugikan.

Data satelit memang telah menunjukkan bahwa wilayah Gurun Atacama mendapatkan sinar matahari paling banyak di dunia. Akan tetapi, studi baru yang mengidentifikasi Altiplano di Gurun Atacama sebagai tempat tercerah di Bumi ini telah membantu menegaskan kembali dan menjelaskan lebih lanjut mengapa tempat itu mendapatkan radiasi matahari tingkat tinggi.

WhatsApp chat