Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Tahukah kamu alasan kamar mandi hotel selalu terletak di dekat pintu masuk?

Hotel menjadi tempat pilihan menginap saat berlibur atau dinas ke luar kota, maupun staycation. Namun saat menginap di hotel, apakah kamu pernah memperhatikan bahwa biasanya kamar mandi di hotel terletak dekat pintu masuk? Meskipun, tidak semua hotel menempatkan kamar mandi dekat pintu masuk.

Lebih higienis

Marketing Communication Manager Harper Malioboro Dicky Pratama menjelaskan, posisi kamar mandi di dekat pintu lebih higienis alias bersih. Sebab, area kamar mandi kerap menimbulkan bau terutama setelah digunakan. Apabila letaknya berdekatan dengan area tempat tidur, dikhawatirkan bau dari kamar mandi tercium saat tamu hendak beristirahat.
“Karena untuk alasan higienis, agar bau kamar mandi tidak sampai ke area tempat tidur,” terangnya. Selain itu, posisi kamar mandi dekat pintu juga bertujuan memudahkan para tamu untuk membersihkan diri setelah keluar.

Alasan kesehatan

Alasan kedua ini tentunya berkaitan dengan poin nomor satu. Sebab, ketika kondisi kamar hotel lebih higienis maka faktor kesehatan lebih terjaga. Sebab, hawa lembab dari kamar mandi tidak baik apabila terhirup ketika tamu tidur.

Baca Juga  Sebelum Mulai Berinvestasi, perhatikan 3 hal ini

Kamar lebih luas

Pemilihan posisi kamar mandi dekat pintu juga bertujuan untuk memaksimalkan fungsi ruangan agar terlihat lebih luas. Mengutip Kompas.com , agar ruangan kamar hotel tampak lebih luas, maka kamar mandi diletakkan dekat pintu masuk. Dengan demikian, area tempat tidur bisa menghadap langsung ke luar secara maksimal.

Sistem listrik dan pipa lebih efisien

Letak kamar mandi dekat pintu masuk tersebut juga berkaitan dengan sistem listrik dan pipa. Dengan posisi tersebut, dua sistem utama bangunan itu lebih efisien. Apabila semua posisi kamar mandi dekat pintu masuk, maka jalur pipa bisa tembus dari lantai dasar hingga lantai atas hotel. Dengan demikian, apabila ada kerusakan akan lebih mudah ditangani. Perawatannya pun terbilang lebih mudah dan efisien.

WhatsApp chat