Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

TAHUKAH ANDA : INILAH GEJALA MENINGITIS YANG HARUS ANDA KETAHUI

Tahukah Anda bila penyakit meningitis adalah penyakit yang menyebabkan pembengkakakan pada meninges, yaitu membran yang melapisi otak dan sumsum tulang belakang ?

Oleh sebab itu, penyakit ini kerap disebut penyakit radang otak. Diketahui penyakit meningitis disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, parasit.

Gejala awal penyakit meningitis cukup mirip dengan gejala flu karenanya harus tetap diwaspadai. Meningitis dapat berkembang sangat cepat dan kemudian menimbulkan komplikasi seperti kejang dan gagal ginjal.

Penyakit meningitis memiliki gejala-gejala umum seperti leher kaku, nyeri kepala hebat, demam tinggi (38 derajat Celcius atau lebih), linglung, muntah, kantuk, dan kejang. Pada anak-anak, gejala yang muncul biasanya demam, rewel, susah makan atau menyusu, muntah, menangis dengan nada tinggi, bercak merah atau ungu di kulit, menangis saat kulitnya disentuh, dan juga kejang.

Dua penyebab utama penyakit meningitis adalah virus dan bakteri. Meningitis akibat virus adalah yang paling umum terjadi dengan gejala-gejala seperti meriang, diare, demam hingga flu.

Beberapa jenis virus yang dapat memicu penyakit meningitis adalah kelompok enterovirus (contoh virus polio), virus gondong, virus flu, virus West Nile, virus herpes simpleks, virus HIV, dan virus mumps.

Baca Juga  Makanan yang Harus Dibuang Usai Banjir

Meningitis akibat virus sifatnya tergolong ringan dan dapat pulih dengan sendirinya. Namun, beberapa kondisi tertentu dapat membuat penderitanya memburuk sehingga tetap membutuhkan perawatan yang tepat.

Meningitis yang disebabkan oleh bakteri bisa dibilang langka namun dapat berdampak kematian pada penderitanya jika tidak mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Meningitis akibat bakteri ini dapat menular melalui kontak jarak dekat dengan orang lain dan menyebabkan trauma kepala yang hebat, misalnya disebabkan oleh infeksi telinga atau sinusitis.

Jenis bakteri penyebab meningitis di antaranya adalah Streptococcus pneumonia, Neisseria meningitides, Haemophilus influenza, Listeria monocytogenes, dan Staphylococcus aureus.

Neisseria meningitides adalah bakteri penyebab meningitis yang menyebar melalui air liur atau lendir saluran pernapasan.Haemophilus influenza tipe B atau Hib umumnya menjadi penyebab meningitis pada anak-anak.

Kalau Listeria monocytogenes biasanya akan ditemukan dalam makanan seperti melon, keju, dan sayuran mentah.

Nah, kalau Staphylococcus aureus biasanya ditemukan pada kulit atau saluran pernapasan.

Selain virus dan bakteri, meningitis juga dapat disebabkan oleh infeksi jamur, penyakit kanker dan lupus, operasi otak, cedera kepala, atau pengaruh pengobatan tertentu.

Baca Juga  Sederet Buku Bacaan untuk Temani Puasa Kamu

Meskipun langka, meningitis yang diakibatkan oleh infeksi jamur umumnya menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Beberapa di antaranya yang menjadi penyebab penyakit radang otak ini adalah cryptococcus, blastomyces, histoplasma, coccidioides, dan candida.

WhatsApp chat