Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Suka Pisang? Ini Efek Samping Serius Mengonsumsi Pisang yang Harus Diwaspadai

Pisang adalah salah satu buah yang paling dicintai dan dikonsumsi secara global. Pisang yang kaya akan serat, potasium, asam amino, vitamin B6 ini ternyata mempunyai efek samping yang tidak terlalu diperhatikan.

Berbicara tentang dampak jangka pendek dan jangka panjang dari pisang, mungkin bukan buah terbaik untuk semua orang terutama mereka yang memiliki kondisi medis tertentu.

  1. Ketidakseimbangan Metabolik

Pisang adalah buah kuning tropis dan seperti banyak buah tropis lainnya, pisang juga cukup rentan pada suhu di bawah 13 Derajat Celcius. Hal ini tidak hanya meningkatkan gejala chilling injury (CI) kulit dan daging buah pisang tetapi juga mengakibatkan gangguan aktivitas fisiologis daging buah yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan metabolisme setelah dikonsumsi.

  1. Pertambahan Berat Badan

Dalam sebuah survei baru-baru ini, pisang terbukti memiliki karakteristik penambah berat badan meskipun berdampak positif pada kesehatan pencernaan. Pisang hijau mungkin menjadi alternatif yang lebih baik karena mengandung pati resisten yang terbukti efektif untuk menurunkan berat badan.

Jadi, sebaiknya Anda mempertimbangkan kembali makan 3 buah pisang sehari atau lebih dari kebutuhan tubuh Anda.

  1. Migrain
Baca Juga  Curhat Jokowi Saat Dengar Omicron: Ya Menahan Napas Sedikit

Migrain mempengaruhi hampir 15% populasi. Menurut beberapa penelitian, intoleransi makanan dan migrain mungkin sangat erat kaitannya. Konsumsi pisang telah menjadi salah satu pemicu seringnya serangan migrain dan sakit kepala.

Pisang, dalam beberapa kasus, mungkin juga bertanggung jawab untuk memulai serangan sesekali. Jadi, jika Anda memiliki riwayat keluarga migrain atau alergi makanan, biasakan diri Anda dengan efek negatifnya pada tubuh.

  1. Sembelit

Pisang kaya akan serat makanan alami dan banyak nutrisi lainnya. Namun, serat mungkin memiliki efek negatif pada konstipasi fungsional jika terjadi dehidrasi atau asupan air yang tidak memadai.

Kesimpulannya di sini adalah jika Anda tidak minum cukup air, konsumsi pisang dapat menyebabkan beberapa masalah.

  1. Kanker Endometrium

Pisang pada tahap yang berbeda mengandung jumlah sukrosa yang bervariasi. Menurut penelitian, sukrosa dapat dikaitkan dengan kanker endometrium yang merupakan salah satu efek samping yang mengejutkan dari makan pisang. Jadi, Anda dapat menimbang dengan benar semua kerugian makan pisang setiap hari.

  1. Konsumsi Kalori Berlebihan
Baca Juga  Manfaat Empedu Kambing Untuk Kesehatan

Mengkonsumsi 100g porsi pisang menghasilkan hampir 74-150 kalori. Jadi, Anda mungkin perlu melihat apakah Anda menjalani diet seimbang sambil mengonsumsi jumlah pisang dan kalori masing-masing.

WhatsApp chat